Kualitas Udara Malaysia Memburuk Akibat Asap Riau

id kualitas udara, malaysia memburuk, akibat asap riau

Kualitas Udara Malaysia Memburuk Akibat Asap Riau

Pekanbaru, 28/8 (Antaranews.com) - Kualitas udara di beberapa wilayah di Malaysia mulai memburuk akibat tercemar kabut asap yang diduga merupakan dampak dari peristiwa kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau.

Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Johor Baru, Malaysia, Rintyana, melalui telekomunikasi kepada Antara di Pekanbaru, Rabu, mengatakan, udara pagi hari di sejumlah kawasan di sana mulai tampak gelap seperti mendung.

"Banyak warga di sini (Johor Baru) mengatakan kalau ini asap kiriman Riau. Tapi kondisinya tak separah dulu," katanya.

Sementara Mami, seorang WNI yang bekerja di Kuala Lumpur, mengatakan kabut asap belum terasa di Ibu Kota Malaysia itu.

"Tadi pagi (udara) masih bagus-bagus, belum terasa ada asap seperti sebelumnya," kata Mami melalui sambungan telepon.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan, indikasi cemaran asap yang merupakan dampak dari peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Riau sampai ke negara tetangga sangat kuat.

Hal itu menurut dia, karena pantauan kualitas udara yang diriliskan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menyatakan tingkatan polusi udara di beberapa daerah di Malaysia maksimal mencapai 100 polutan standar indeks (psi) yang artinya sudah mulai tidak sehat.

"Sangat memungkinkan kabut asap Riau mengarah atau sampai ke Malaysia, tergantung arah atau pergerakan dan kecepatan angin," katanya.