TNI Libatkan Pesawat Tempur Pantau Titik Api

id tni libatkan, pesawat tempur, pantau titik api

TNI Libatkan Pesawat Tempur Pantau Titik Api

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru melibatkan beberapa pasawat tempur jenis Hawk 100/200 untuk memantau titik api atau kebakaran lahan di Provinsi Riau.

"Alutsista tidak hanya helikopter, namun juga beberapa pesawat tempur jenis Hawk kami libatkan untuk memantau titik kebakaran lahan di Riau. Sekalian pas latihan, juga memantau," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Pilfadri kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Selain itu, kata Pilfadri, untuk membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam operasi kabut asap yang merupakan dampak dari kebakaran lahan atau hutan di Riau, pihaknya juga melibatkan tiga helikopter. Satu diantaranya merupakan helikopter jenis Cicorski yang fokus untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan bom air atau "water bombing".

Kemudian dua lainnya, kata dia, yakni helikopter jenis Bolco yang juga bertugas melakukan operasi "water bombing".

"Selain itu, alutsista lainnya yang digunaan adalah pesawat jenis Cassa yang difungsikan untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC)," katanya.

Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, selain tiga helikopter dan satu unit pesawat jenis Cassa tersebut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan agar turut membantu dalam operasi pemadaman titik kebakaran lahan kali ini.

"Dua perusahaan yang bersedia adalah PT RAPP (Riau Andalas Pulp and Paper) serta Sinarmas Group," katanya.