Hujan Kurangi Titik Panas Di Riau

id hujan kurangi, titik panas, di riau

Hujan Kurangi Titik Panas Di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan hujan yang terjadi di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Riau menyebabkan titik panas (hotspot) di daerah itu berkurang drastis.

Satelit pemantau cuaca dan pendeteksi titik panas (NOAA 18) pada Jumat, merekam keberadaan titik panas di Riau hanya tinggal empat atau jauh berkurang dibandingkan sebelumnya yang sempat mencapai 37 titik.

Empat titik panas yang diindikasi sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan tersebut terekam berada di Indragiri Hulu sebanyak dua titik dan Indragiri Hilir serta Kuantan Singingi masing-masing terdapat satu "hotspot".

Pada hari sebelumnya, satelit yang sama merekam titik panas tersebar di sebanyak delapan wilayah kabupaten dan kota.

"Alhamdulillah, upaya hujan buatan dengan menerapkan teknologi modifikasi cuaca kemarin berhasil menghasilkan hujan di beberapa wilayah sehingga titik panas berkurang," kata Humas BNPB Agus Wibowo lewat telekomunikasi kepada Antara di Pekanbaru.

Namun menurut pantauan satelit Terra dan Aqua yang diriliskan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, di daratan Riau masih terdeteksi sebanyak 61 titik panas yang tersebar di sejumlah kabupaten.

Untuk cuaca, BMKG Stasiun Pekanbaru memprakirakan hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Riau berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan - sedang.