Seluruh Kabupaten Kota Di Riau Berpotensi Hujan

id seluruh kabupaten, kota di, riau berpotensi hujan

Seluruh Kabupaten Kota Di Riau Berpotensi Hujan

Pekanbaru, (antarariau.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprakirakan seluruh wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Riau berpotensi terjadi hujan pada sore dan malam hari.

"Peristiwa hujan merata sudah berlangsung sejak beberapa hari ini setelah Riau sempat dilanda musim kering yang cukup panjang," kata Warih Budi Lestari selaku analis BMKG Stasiun Pekanbaru di Pekanbaru, Jumat.

Kemarau panjang yang melanda Riau sebelumnya menyebabkan peristiwa kebakaran lahan kembali marak terjadi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat lebih 500 titik panas (hotspot) yang diindikasi sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Riau sepanjang dua pekan berada di musim kering pada Agustus 2013.

Namun sejak beberapa hari terakhir, demikian Warih, satelit Terra dan Aqua tidak lagi mendeteksi kemunculan titik panas di daratan Riau.

"Bisa jadi hal itu karena hujan telah terjadi secara merata sejak beberapa hari terakhir sehingga titik-titik kebakaran lahan berlahan padam," katanya.

Warih menjelaskan, peluang terjadinya hujan berada di seluruh kabupaten dan kota di Riau dengan intensitas ringan hingga sedang.

Walau demikian, kata dia, tingkat terjadinya kebakaran hutan atau lahan masih berada pada situasi sedang hingga tinggi.

"Artinya memang peluang terjadinya kebakaran lahan masih tetap ada. Biasanya pembakaran lahan dilakukan siang, sementara hujan diprakirakan baru akan terjadi pada sore dan malam hari," katanya.

Pantauan Antara, hujan cukup deras juga telah melanda sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, hingga mengakibatkan beberapa kawasan terendam.