BMKG: Sebagian Riau Memasuki Musim Hujan

id bmkg sebagian, riau memasuki, musim hujan

BMKG: Sebagian Riau Memasuki Musim Hujan

Pekanbaru, 12/9 (antarariau.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian wilayah kabupaten dan kota di Povinsi Riau telah memasuki musim hujan.

"Sudah sejak satu pekan ini hujan di sebagian Riau bukan karena gangguan cuaca, namun memang telah memasuki musim hujan," kata Warih Budi Lestari selaku analis lembaga pemantau cuaca itu di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, sebagian wilayah Riau lainnya, khususnya seberang pesisir diprakirakan masih akan mengalami masa transisi dari kemarau ke musim hujan.

Diprakirakan, kata dia, daerah-daerah itu baru akan memasuki musim hujan pada Oktober 2013 dan bencana banjir sudah selayaknya diantisipasi.

Untuk beberapa hari terakhir dan hingga beberapa hari kedepan saja, demikian Warih, hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota di Riau berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

"Peluang terjadinya hujan cukup besar, khususnya pada sore, malam dan dini hari. Beberapa wilayah juga ada yang berpeluang hujan pagi dan siang," katanya.

Hasil monitoring BMKG Stasiun Pekanbaru menyebutkan, sejumlah wilayah yang diprakirakan akan dilanda hujan sedang diantaranya yakni Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu, serta Kabupaten Indragiri Hilir.

Sementara sejumlah kabupaten dan kota lainnya meliputi Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Meranti, Pelalawan dan Kuantan Singingi, berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Terkait peralihan musim tersebut, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau telah melakukan antisipasi-antisipasi salah satunya dengan mendirikan posko tanggap darurat.

Kemudian lembaga tersebut juga telah menyiapkan sejumlah peralatan dan fasilitas untuk melakukan upaya-upaya penyelamatan dan lainnya apabila terjadi bencana banjir.