Empat Alasan untuk lakukan olahraga sekarang juga!

id empat alasan, untuk lakukan, olahraga sekarang juga

Empat Alasan untuk lakukan olahraga sekarang juga!

Pekanbaru, 21/9 (antarariau.com) - Meski sudah terbukti bahwa olahraga bisa menyehatkan tubuh dan penting sebagai bagian dari gaya hidup sehat, namun masih banyak orang yang malas melakukannya. Ada banyak alasan, mulai dari terlalu lelah, tak punya waktu, dan lainnya.

Jika Anda termasuk orang yang masih malas berolahraga, mungkin Anda perlu mengetahui manfaat lain olahraga yang tak hanya berkaitan dengan kebugaran tubuh. Berikut adalah empat alasan penting mengapa Anda harus rajin melakukan olahraga, seperti dilansir oleh Shine!

1. Membuat awet muda

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga secara teratur bisa memperlambat penuaan sel tubuh. Ini berkaitan dengan panjang telomere, pelindung yang terbuat dari DNA dan protein dan bertugas melindungi sel dari penuaan. Telomere menjadi semakin pendek dan lemah seiring bertambahnya usia dan menyebabkan banyak penyakit. Namun penelitian menemukan bahwa melakukan olahraga berjalan 30 menit sehari, enam hari seminggu bisa memperpanjang telomere hingga 10 persen dalam waktu lima tahun.

2. Mencegah depresi

ada banyak penelitian yang mengaitkan olahraga dengan depresi. Beberapa adalah penelitian baru seperti penelitian yang diterbitkan di Cochrane Library. Penelitian diketahui bisa membuat tubuh memproduksi endorfin yang bisa menghilangkan stres secara fisik dan rasa sakit saat olahraga. Endorfin tersebut juga memiliki efek jangka panjang yaitu menangkal gejala depresi.

3. Membantu diet

Berolahraga rutin tak hanya mengencangkan pinggang dan perut, tetapi juga membantu mengurangi porsi makan. Penelitian yang diterbitkan pada International Journal of Obesity menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga dalam waktu yang lama cenderung makan lebih sedikit. Mereka juga mengalami penurunan produksi hormon ghrelin yang berkaitan dengan nafsu makan.

4. Bahkan 5 menit olahraga tetap berimbas besar

Kebanyakan orang dengan berat badan berlebih meremehkan olahraga ringan setiap hari karena mereka berpikir olahraga tak bisa membantu mereka. Padahal ini tidak benar. Penelitian di pertemuan International Congress of Nutrition ke-20 di Granada menunjukkan bahwa bahkan jika seseorang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, olahraga masih sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka. Berjalan selama 10 menit saja, lima kali seminggu, bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan.

Itulah beberapa manfaat melakukan olahraga setiap hari. Bagaimana, masih ingin malas-malasan berolahraga dan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan manfaat olahraga di atas.(merdeka.com)