BPBD Riau Kerahkan Helikopter Padamkan Kebakaran

id bpbd riau, kerahkan helikopter, padamkan kebakaran

BPBD Riau Kerahkan Helikopter Padamkan Kebakaran

Pekanbaru, 28/9 (antarariau.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengerahkan dua unit helikopter untuk memadamkan titik kebakaran lahan di Kabupaten Kampar dan Bengkalis.

"Helikopter ini melakukan pemadaman kebakaran dengan menerapkan bom air atau 'water bombing' dan bekerja sejak beberapa hati terakhir. Sampai hari ini juga terus bekerja," kata Kepala BPBD Riau Said Saqlul Amri di Pekanbaru, Sabtu.

Upaya pemadaman kata dia, difokuskan di dua lokasi yakni di Kabupaten Kampar dan Bengkalis.

Untuk di Kampar, kata dia, kebakaran lahan tepatnya berada di Kecamatan Siak Hulu dan sejak pagi tadi telah dilakukan upaya pemadaman lewat udara.

"Sementara di Bengkalis juga demikian. Selain ada juga tim dari darat yang melakukan upaya pemadaman dan pemantauan langsung," katanya.

BPBD Provinsi Riau menyatakan pada 2013 hingga pekan ketiga September, lebih dari 15.000 hektare lahan semak dan hutan terbakar di wilayah kerjanya.

"Jumlahnya bisa terus bertambah karena kebakaran lahan atau hutan di Riau terus saja terjadi," kata Said Saqlul.

Ia menjelaskan, kebakaran lahan hebat terjadi pada awal 2013 dan berlanjut hingga Juli. Sebagian besar peristiwa itu, menurut dia, diduga merupakan kesengajaan dari pihak perusahaan kehutanan dan perkebunan kelapa sawit.

Namun untuk membuktikannya, demikian Said, membutuhkan data-data yang faktual atau tidak sembarangan.

"Bahkan data Dinas Kehutanan Riau sebelumnya menyatakan bahwa kebakaran dominan terjadi di kawasan milik perusahaan perkebunan dan kehutanan," katanya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Zulkufki Yusuf menyatakan luas area kebakaran mencapai belasan ribu hektare itu hanya pada Juni 2013.