Satelit Terra Deteksi 29 Hotspot Di Riau

id satelit terra, deteksi 29, hotspot di riau

Satelit Terra Deteksi 29 Hotspot Di Riau

Pekanbaru, (antarariau.com) - Satelit Terra dan Aqua sejak dua hari ini kembali mendeteksi sebanyak 29 titik panas (hotspot) di berbagai wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis hasil monitoring satelit tersebut, bahwa puluhan "hptspot" itu berada di empat kabupaten/kota.

Titip panas itu terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir yakni mencapai 14 titik, kemudian di Kabupaten Rokan Hulu sebanyak lima "hotspot".

Selanjutnya titik panas juga terdeteksi berada di Kabupaten Kampar dengan jumlah sekitar tiga titik dan terakhir di Kota Dumai terdapat dua "hptspot".

Jumlah tersebut jauh meningkat dibandingkan sebelumnya, di mana di Riau hanya terdeteksi satu titik panas, tepatnya berlokasi di Kabupaten Bengakalis.

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari mengatakan, kembali bermunculannya titik panas yang diindikasi kuat sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan itu disebabkan minimnya curah hujan.

Bahkan, kata Warih, dominan di seluruh wilayah kabupaten/kota di Riau cenderung berpeluang kembali terjadi kebakaran lahan meski potensi hujan tetap ada.

"Potensi hujan ada, namun sifatnya lokal dan intensitasnya masih ringan. Hal itu yang kemudian menyebabkan potensi terjadinya kebakaran lahan cukup tinggi," katanya.