Pemkot Pekanbaru Harus serius Tertibkan Gelandangan

id pemkot pekanbaru harus serius tertibkan gelandangan

Pemkot Pekanbaru Harus serius Tertibkan Gelandangan

Pekanbaru, (antarariau.com) - Legislator Kota Pekanbaru, Riau, menyatakan pemerintah setempat harus serius menertibkan gelandangan dan pengemis karena dianggap sudah meresahkan warga.

"Hampir tiap tahun terutama pada hari-hari besar agama, jumlah gelandangan dan pengemis terus bertambah, ini tentunya harus disikapi lebih serius," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Dian Sukeri di Pekanbaru, Rabu.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan bila masalah ini dibiarkan tentunya dapat mengganggu kenyamanan warga dan penguna jalan yang melintas karena mereka mengemis di perempatan lampu merah.

Dia menambahkan aparat Satpol PP harus bertindak karena sudah ada aturan hukum yakni Peraturan Daerah (Perda) No.5 Tahun 2002 tentang Ketertiban Umum.

Demikian pula aparat Satpol harus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan petugas Polresta setempat untuk menertibkan masalah tersebut.

Meski petugas Dinas Sosial setempat sudah melakukan penertiban namun hasilnya belum maksimal karena banyak gelandangan yang beraksi di berbagai perempatan lampu merah dan pusat tertokoan.

Bahkan belakangan ini jumlah gelandangan di Kota Pekanbaru terus bertambah, kadang mereka sengaja menginap di emperan toko yang belum digunakan.