PPIDK Mandiri Dari dan Untuk Masyarakat Pelalawan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melaksanakan Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan (PPIDK) Mandiri untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan dengan merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan memanfaatkan hasil pembangunan infrastruktur yang bersifat sederhana.

 


Upaya ini dapat dikerjakan dengan menggunakan peralatan yang relatif sederhana serta sesuai kebutuhan yang paling mendesak di desa/kelurahan yang bersangkutan. Ini merupakan ide kreatif dari Bupati Pelalawan HM Harris, bagaimana mempercepat pembangunan infrastruktur di setiap desa.

 

Program ini resmi dijalankan pada awal 2013 dengan total dana yang digunakan adalah bersumber dari kas APBD Kabupaten Pelelawan dengan total Rp 50,7 miliar untuk 14 kelurahan dan 104 desa.

 

Penerima dana bantuan khusus untuk percepatan pembangunan infrastruktur merupakan pemerintah desa/kelurahan dan kemudian diteruskan ke rekening Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan tanpa adanya pemangkasan anggaran.

 

Jumlah dana bantuan khusus untuk tiap desa/kelurahan ditetapkan sebesar Rp500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) untuk kelurahan dan desa yang berada di perairan/desa pesisir dan Rp. 400.000.000,- (empat ratus juta rupiah) untuk desa yang berada di daratan dan kota.

 

Program PPIDK Mandiri tahun 2013 merupakan program pemberdayaan masyarakat yang berada di bawah Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Pelalawan.

 

Program ini adalah upaya untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok melalui partisipasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terkait kemiskinan dan ketertinggalan desa/kelurahannya. Ini juga sebagai upaya peningkatan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

 

PPIDK merupakan program berbasis pemberdayaan yang bantuannya meliputi fasilitasi dan memobilisasi masyarakat dalam melakukan identifikasi permasalahan kemiskinan, menyusun perencanaan dan melaksanakan pembangunan infrastruktur desa/kelurahannya.

 

Lokasi pelaksanaan PPIDK Mandiri tahun 2013 dialokasikan ke 106 desa dan 12 kelurahan se-Kabupaten Pelalawan.

 

Adapun kegiatan yang menjadi ruang lingkup PPIDK Mandiri merupakan kegiatan pembangunan infrastruktur desa/kelurahan yang mencakup: (1) jalan lingkungan desa/kelurahan, (2) jalan usaha tani, (3) jembatan sederhana, (4) titian plat beton, (5) jembatan perahu/dermaga sederhana, (6) box culvert, (7) gorong - gorong, (8) sarana air bersih, (9) listrik desa/kelurahan, (10) drainase, (11) bangunan gedung sederhana dan fasilitas publik lainnya.

 

Dengan terlaksananya program ini Pemerintah Kabupaten Pelelawan mampu mengurangi kemiskinan dan memperkuat implementasi tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di tingkat kecamatan dan desa dan juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh KSM.

 

Dengan adanya PPIDK dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk kemudian mampu melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur pedesaan/kelurahan secara mandiri dan berkelanjutan. (Advertorial)