Ingin Liburan Eksotis? Datanglah ke "Lubang Biru" ini!

id ingin, liburan eksotis, datanglah ke, lubang biru ini

 Ingin Liburan Eksotis? Datanglah ke "Lubang Biru" ini!

antarariau.com,- Pernahkah Anda mendengar istilah “Blue Hole”? Hmm… inilah "Lubang Biru" nan dalam atau gua panjang di dalam laut yang terbentuk selama jutaan tahun. Siapa sangka, tempat ini begitu eksotis.

Ingin tahu lubang biru terindah di dunia? Simak lansiran dari environmentalgraffiti!

Lubang Biru Belize

Ditemukan oleh Jacques Cousteu, salah seorang peselancar terkenal dunia. Belize ini merupakan taman laut yang paling diimpikan para penyelam. Lubang berbentuk lingkaran terletak 60 mil dari kota Belize, Amerika Tengah ini memiliki luas lubang sekitar 305 meter dan kedalaman 123 meter di bawah permukaan laut. Di dalam lubang tersebut, terdapat benda bersejarah peninggalan jaman es yang dikenal dengan “Mecca” terdiri dari batu stalaktit dan stalagmit menggantung hingga dasar lubang.

Lubang Biru Dahab

Terletak di 50 mil dari Sharm el-Sheikh, sebelah tenggara Mesir, merupakan “Blue Hole” terbesar bagi para peselancar. Di beberapa bagian yang memiliki kedalaman hingga 50 meter menjadi area favorit bagi para penyelam untuk mengeksplor keindahan alam bawah laut. “Lubang Biru” yang terbentuk sejak 25 tahun lalu dan memiliki kedalaman ke dalam 130 meter berada di pedalaman Kampung Badui yang hidup dari memancing.

Lubang Biru Dean

Terletak di Bahama, merupakan salah satu "Blue Hole" terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 221 meter. “Blue Hole” ini memiliki sedikit perbedaan dengan dua “Lubang Biru” sebelumnya, yakni terdapat gua lebar seluas 100 meter yang berada 20 meter di bawah permukaan air. Dari lubang yang terbentuk membuat para penyelam harus melakukan teknik menyelam tegak lurus hingga ke dasar lubang dan tentunya memberikan kepuasan tersendiri.

Lubang Biru Gozo

Dikelilingi oleh lapisan batu coral, “Blue Hole” yang terletak di Kepulauan Malta ini sekilas tampak seperti kolam renang alami biasa berbentuk lingkaran dari batu. Namun bila diteliti secara seksama maka akan terlihat mulut lubang yang berada tujuh meter di bawah permukaan air dan berbentuk cerobong asap hingga ke dasar. Pada kedalaman 15 meter terdapat sebuah gua besar berisikan populasi ikan tuna dalam jumlah besar yang juga memberikan keindahan alam tersendiri.

Lubang biru Korcula

Terletak di salah satu pulau terbesar di Kroasia terdapat sebuah Modra Spilja (bahasa Kroasia) merupakan kata lain dari “Blue Hole”. Lokasi yang hanya dapat diakses menggunakan perahu motor itu berada di sembilan kilometer dari permakaan laut dengan kedalam sekitar 35 meter. Keindahaan dari “Lubang Biru” ini adalah pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam gua tersebut. Selain itu, juga tumbuh pelbagai jamur hidup di sekitar lokasi dan formasi batu yang menempel pada dinding gua, yang menambah kesempurnaan pemandangan alam bawah laut bagi para pecinta selam.