Kampar Siap Cegah Bencana

id kampar siap, cegah bencana



Kampar (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersiap untuk mencegah potensi bencana yang kemungkinan terjadi. Sa;ah satunya dengan menggelar pelatihan relawan tanggap bencana, Kamis (21/11/2013) di kantor camat Siakhulu.

Sebelumnya, kegiatan yang sama juga digelar di Kecamatan Kampar Kiri dan Gunung Sahilan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar Ir Ali Zabar melalui Kasi Kedaruratan BPBD sekaligus pelaksana kegiatan M Nasir SE menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk menjadikan pemuda di desa rawan bencana menjadi mitra kerja, sebagai perpanjangan tangan BPBD Kampar bila terjadi bencana di daerahnya, mengingat di beberapa kecamatan banyak desa di bantaran Sungai Kampar yang sangat rawan bencana banjir.

''Guna mengantisipasi keterlambatan informasi serta mempercepat penanggulangan, maka dibutuhkan relawan tanggap bencana di masing-masing desa rawan bencana. Merekalah nanti yang akan membantu warga yang terkena bencana secara sukarela sebelum BPBD turun ke lokasi bencana,'' terang Nasir menjelaskan.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kampar melalui Kabid P2PL Nafiar SKM M.si.

Naviar SKM dalam pemaparannya menjelaskan tentang pentingnya pola hidup sehat sebelum dan sesudah bencana. Karena pasca bencana terutama banjir, merupakan kondisi rawan penyakit, tugas relawan tanggap bencana nantinya bisa mensosialisasikan kepada warga agar tetap waspada penyakit yang akan ditimbulkan setelah bencana.

Sementara narasumber dari Basarnas Pemprop Riau M Nasir SE mengajak para relawan tanggap bencana di masing-masing desa agar selalu berkordinasi dengan semua pihak pada saat bencana terjadi.

''Mereka adalah ujung tombak di masing-masing desa dalam membantu warga korban bencana,'' ujarnya.

Pelatihan di buka oleh camat Siakhulu Syamsuir SSs di wakili Kasi Pemerintahan Azhar SIp. Selain BPBD Kampar, Pelatihan relawan tanggap bencana menghadirkan narasumber dari dinas kesehatan Naviar SKM M.si, dinas sosial yang di wakili kasi penanggulangan bencana H Asri serta Basarnas propinsi Riau M Nasir SE.

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari desa Buluhcina, Lubuk Siam, Tanjung Balam, Taratak Buluh dan desa Buluh Nipis atau desa yang sering di landa bencana banjir di Kecamatan Siakhulu.