Jefry Noer Ziarah Berbaur dengan Masyarakat di Kuburan

id jefry noer, ziarah berbaur, dengan masyarakat, di kuburan

Jefry Noer Ziarah Berbaur dengan Masyarakat di Kuburan

Kampar (Antarariau.com) - Dijadwalkan besok Kamis (15/8/13) Bupati Kampar, H. Jefry Noer akan hadir dan mengikuti secara langsung kegiatan ziarah kubur dan sekaligus berbaur bersama segenap lapisan masyarakat diwilayah Kecamatan Bangkinang dan sekitarnya guna memeriahkan puncak hari raya puasa enam yang merupakan kegiatan Hari Raya terbesar bagi masyarakat setempat.

Informasi tentang kepastian kehadiran Bupati Kampar H Jefry Noer pada acara hari raya puasa enam di kampung halamannya tersebut diungkapkan langsung oleh agendaris Bupati Kampar, Edi Susanto, Datuk Godang ketika ditemui disela-sela kegiatan acara silaturrahmi dan penobatan ninik mamak persukuan domo di Desa Naumbai Kecamatan Kampar Rabu (14/8/13).

“ Insya Allah besok Kamis, 15 Agustus 2013 pada pukul 06.00 WIB Bupati Kampar H. Jefry Noer dan rombongan telah berada di Kecamatan Bangkinang yang sebelumnya bernama Kecamatan Bangkinang Seberang”, papar Edi Susanto menegaskan.

Ditambahkan Edi Susanto bahwa Bupati Kampar, H. Jefry Noer senantiasa berupaya untuk menghadiri acara ziarah kubur dan sekaligus ikut memeriahkan hari raya puasa enam yang telah menjadi tradisi sejak lama masyarakat di wilayah Kecamatan Bangkinang dan sekitarnya.

Pada tahun 2012 yang lalu Bupati Kampar, H. Jefry Noer juga hadir mengikuti kegiatan ziarah kubur yang dimulainya dari pundam perkuburan Datuk Tabano di Desa Muara Uwai dan berakhir dengan acara makan bajambau di Masjid Al-Muhajidin Dusun Uwai Desa Muara Uwai, ujar Edi Susanto.

Biasanya pada kegiatan ziarah kubur tersebut Bupati Kampar H Jefry Noer akan secara langsung mengikuti rombongan para penziarah yang dipimpin oleh seorang tokoh agama setempat untuk melakukan do’a bersama di masing-masing kompleks perkuburan. Intinya seluruh kompleks perkuburan akan dikunjungi para penziarah.

Kehadiran pak H Jefry Noer dipastikan akan disambut antusias oleh segenap lapisan masyarakat setempat karena beliau adalah salah seorang putra setempat yang memang sangat peduli dengan kampung halamannya.

Acara ziarah kubur dan sekaligus hari raya puasa enam juga akan menjadi ajang silaturrahmi antara Pak Jefry Noer dan segenap lapisan masyarakat setempat, ujar Edi Susanto.

Secara terpisah Ketua panitia pelaksana kegiatan Hari Raya Puasa Enam Desa Muara Uwai dan sekitarnya, Abdul Hafis, ketika ditemui Rabu (14/8/13) di Muara Uwai menambahkan bahwa dijadualkan hari Kamis (15/8/13) Wakil Gubernur Riau, HR. Mambang Mit juga akan secara langsung akan menghadiri dan sekaligus mengikuti kegiatan ziarah kubur yang dirangkai dalam puncak acara hari raya puasa enam.

Wakil Gubernur Riau tersebut akan melakukan ziarah di pundam perkuburan masyarakat mulai dari Desa Muara Uwai sampai ke wilayah Kelurahan Pulau dan akan melakukan kegiatan mencicipi kawa serta makan bajambau bersama masyarakat setempat di Masjid Al-Falah di Kelurahan Pulau.

Bahkan dalam rangkaian menyambut kehadiran Bapak HR Mambang Mit tersebut serangkaian persiapan telah dilakukan panitia setempat dan masyarakat memang sangat antusias menerima kehadiran Bapak HR Mambang Mit, ujar Abdul Hafis.

Ditambahkannya bahwa sesuai dengan tradisi masyarakat diwilayah Bangkinang dan sekitarnya hari raya enam tersebut sesungguhnya merupakan hari raya yang dalam realitanya lebih besar dari hari raya Idul Fitri.

Tradisi ziarah kubur di hari raya puasa enam ini akan terus dipertahankan oleh masyarakat setempat karena hal tersebut telah mengakar dalam tradisi agama dan budaya masyarakat, papar Abdul Hafis yang kemaren bersama segenap lapisan masyarakat setempat melakukan kegiatan pembersihan seluruh pundam perkuburan diseluruh desa dalam wilayah Kecamatan Bangkinang.