Bayi Singa di Kasang Kulim Belum Diberi Nama

id bayi singa, di kasang, kulim belum, diberi nama

Bayi Singa di Kasang Kulim Belum Diberi Nama

Pekanbaru, (antarariau.com) - Bayi Singa Afrika yang baru lahir dan belum berusia seminggu di Kebun Binatang Kasang Kulim hingga kini belum diberi nama.

"Kami takut nanti kalau diberi nama sekarang malah mati. Jadi kami tunggu sampai kondisinya benar-benar kuat untuk bertahan, tapi untuk namanya sudah diusulkan," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Kemal Amas, di Pekanbaru, Jumat,.

Seekor anak Singa Afrika (panthera leo) lahir dengan selamat di Kebun Binatang Kasang Kulim di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada 24 November lalu. Anak singa tersebut adalah satu-satunya yang selamat dalam proses kelahiran dari induk betina yang bernama Erna.

"Induk singa sebenarnya melahirkan tiga anak dengan jarak tiga jam tiap kelahiran. Namun, hanya satu singa yang selamat sampai sekarang," kata Kemal kepada Antara.

Menurut dia, kelahiran anak singa Afrika ini adalah yang pertama kali terjadi di Riau. Bayi singa itu merupakan hasil dari perkawinan induk jantan bernama Simba (15) dan betina bernama Erna (14).

Simba merupakan singa yang didatangkan dari kebun binatang di Surabaya, sedangkan sang betina dari kebun binatang di Siantar, Sumatera Utara.

"Singa kedua yang lahir mati karena terinjak oleh induknya sendiri. Sedangkan, singa yang terakhir mati karena lahir dalam kondisi prematur," ujarnya.