Macan Dahan Ditangkap Tertidur di Kandang Ayam

id macan dahan, ditangkap tertidur, di kandang ayam

Macan Dahan Ditangkap Tertidur di Kandang Ayam

Pekanbaru, (antarariau.com) - Seekor Macan Dahan (Neofelis diardi) ditangkap warga setelah predator itu memangsa ternak ayam dan tertidur di dalam kandang di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Afrizal, Sabtu, mengatakan warga tanpa kesulitan menangkap macan tersebut menggunakan jala untuk ikan. Macan berkelamin betina itu kemudian diserahkan warga ke kebun binatang Kasang Kulim di Kabupaten Kampar, Riau.

"Warga menangkapnya di kandang ayam dalam kondisi tertidur. Mungkin macan ini kekenyangan habis makan ayam warga disana," kata pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Afrizal, kepada Antara.

Macan tersebut sudah selama dua pekan terakhir berada di kebun binatang. Afrizal meletakan kucing besar itu di kandang karantina yang terbuat dari besi seluas sekitar 1,5 x 4 meter. Setiap hari macan tersebut diberi makan seekor ayam.

"Kami belum memindahkannya ke kandang besar karena masih dalam kondisi stres setelah dipindahkan," katanya.

Menurut dia, perut macan dahan dengan warna kulit coklat keabu-abuan itu terlihat mulai membesar karena sedang mengandung. Ia mengaku bersyukur karena warga tidak membunuhnya, padahal macan ini sudah memangsa ayam warga.

"Bahkan, warga sana sudah memberi nama macan ini. Namanya Nita," katanya.

Setiap namanya dipanggil, satwa liar itu mengaum sambil menunjukan taring tajamnya.

Menurut Afrizal, macan dahan tersebut terpaksa masuk perkampungan dan memangsa ternak peliharaan warga karena area hutan di daerah itu makin sempit akibat dikonversi menjadi kebun kelapa sawit.

"Macan sekarang makin sulit mencari mangsa karena hutan jadi kebun sawit. Warga disana mengatakan di daerah Pinggir ada tiga ekor macan yang terlihat masuk perkampungan, tapi baru satu ini yang berhasil ditangkap," katanya.