Kampar Siap Bangun Pabrik Pakan Ikan

id kampar siap bangun pabrik pakan ikan

Bangkinang, (Antarariau.com) - Bupati Kampar Jefry Noer menegaskan kesiapannya membangun pabrik pakan ikan saat menerima kunjungan investor dari dua negera; Malaysia dan Korea Selatan.

Kadis Perikanan Kampar, Usman Amin mengatakan waktu datang investor ini menyodorkan pembangunan gedung setinggi 21 meter untuk pabrik pakan itu. “Ini tentu kurang efesien. Pak Bupati kurang setuju. Sebab yang kita inginkan dari investor ini adalah bagaimana membangun pabrik pakan ikan yang harganya bisa bersaing dengan vietnam,” Usman.

Kedatangan Doyun kali ini, sudah membawa teknologi baru. Gedung tak lagi mesti setinggi 21 meter. Rencananya, pabrik pakan yang bakal dibangun ini mampu menghasilkan pakan 20 ton perjam. “Tadi kami sudah survey lokasi lagi. Yang pasti, kami masih akan pelajari teknologi yang mereka sodorkan. Kalau memang menguntungkan bagi masyarakat, pasti kita lanjutkan. Saat ini kan, yang dikeluhkan oleh masyarakat itu adalah mahalnya pakan ikan. Bisa mencapai Rp 11 ribu perkilogram. Kalau hasil pabrik nanti bisa seharga Rp 7500- Rp 8000, tentu akan sangat menguntungkan peternak ikan,” ujar Usman.

Bupati juga kedatangan investor dari Malaysia yang bakal membangun pabrik pengolahan crude palm oil (CPO) di Desa Birandang Kecamatan Kampar Timur. Terus ada pula alih teknologi soal nenas madu MD2 yang terkenal sangat manis itu.

Kamis sore (5/12), investor asal Korea Selatan Doyun Yu. CEO ENVIRONMENTAL MANAGEMENT and SUSTAINABILITY SOLUTIONS (EMSUS) Korea berkunjung ke Kampar. Ini adalah kunjungan kali kedua Doyun untuk menyeriusi soal pembangunan pabrik pakan ikan di kawasan Siak Hulu.