UP2K Sialang Kubang Sudah Miliki Poksus

id up2k sialang, kubang sudah, miliki poksus

UP2K Sialang Kubang Sudah Miliki Poksus

Bangkinang, (Antarariau.com) - Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Desa Sialang, Kecamatan Kubang, Kabupaten Kampar telah empat tahun membentuk Kelompok Khusus (Poksus)dan dilanjutkan dengan pembentukan Kelompok Pelaksana (Poklak) yang diberi nama Mekar Sari II.

"Pembentukan Poksus dan Poklak UP2K Kecamatan Perhentian Raja sudah lama terbentuk, berdasarkan Surat Keputusan Nomor : Kpts.001/Set-PKK/SK/2009 tertanggal 22 November 2009 tentang pembentukan Poksus dan Surat Keputusan Nomor : Kpts.002/Set-PKK/SK/2009 tertanggal 25 November 2009 tentang Poklak," kata Ketua TP-PKK Kecamatan Perhentian Raja, Indri Khuzairi, Minggu (9/12).

Dikatakan Indri, UP2K Mekar Sari yang diketuai Ismiati itu terdiri dari 11 orang anggota kelompok dengan menjalankan berbagai macam jenis usaha perorangan diantaranya pembuatan tempe, jagung marning, kerupuk, warung nasi, tahu sumedang, kolam ikan lele sedangkan untuk usaha kelompok yakni membuat bermacam-macam stik labu, ubi jalar, stik bayam dan stik wortel.

"Suatu respon yang sangat bagus dan positif, Desa Sialang Kubang, UP2K nya sudah membentuk Poksus dan Poklak ini menunjukkan adanya perkembangan kelompok Up2K Kecamatan Perhentian Raja, '' kata Martini Koordinator TP-PKK Kabupaten Kampar.

Martini menyampaikan, pengembangan UP2K masing-masing desa yang ada di Kabupaten Kampar belum membentuk Poksus tersebut, PKK lain baru akan disosialisasikan dan akan membentuk, hanya saja kata dia, ''Kendalanya selama ini UP2K yang ada tidak pernah melakukan pertemuan kelompok, sehingga tidak diketahui perkembangan kelompok, anggota kelompok maupun modal kelompok,'' jelasnya.

Oleh karena itu perlu dijalankan fungsi dan peran dari Poksus itu sendiri untuk mengetahui perkembangan kelompok dan modal usaha yang ada, sejauh mana modal yang telah diberikan oleh Badan Pemberdayaan perempuan itu berkembang, supaya dapat dikontrol, agar tidak jalan ditempat.