EMP Dukung Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon

id emp dukung, gerakan penanaman, 1 miliar pohon

EMP Dukung Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon

Pekanbaru (Antarariau.com) - Salah satu anak perusahaan minyak dan gas bumi Energi Mega Persada (EMP) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA) ikut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon Tingkat Provinsi Riau, di Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kep Meranti, Kamis.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Riau Prof Dr H Djohermansyah Djohan MA yang diwakili Sekdaprov Riau Drs H Zaini Ismail MSi. Selain itu, hadir pula Kadishut Provinsi Riau, H Zulkifli Yusuf SH, Bupati Kep Meranti Drs Irwan MSi, Wabup Kep Meranti Drs Masrul Kasmy MSi, sejumlah bupati di Provinsi Riau, sejumlah anggota DPRD Kab Kep Meranti, para Camat dan Lurah di Kab Kep Meranti.

Adapun dari manajemen EMP MSSA diwakili oleh SHE Performance Coordinator EMP Chandra Prijana Hadi, Govrel Coordinator EMP Adil Kesuma, PR Support Coordinator EMP E Susantiningsih, Commsupt EMP MSSA Manshur Dwibekti, dan Medrel Officer EMP Adrozen Ahmad.

Kepala Humas EMP Heru Hardono, dalam keterangan tertulis mengatakan, gerakan penanaman 1 milyar pohon ini sejalan dengan visi EMP, yaitu menjadi perusahaan yang salah satunya mengimplementasikan keselamatan, kesehatan dan keunggulan lingkungan.

Menurut Heru, pelestarian pohon bermanfaat banyak bagi manusia. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Di samping dapat menahan laju air, pohon juga dapat mengurangi pemanasan global akibat aktivitas manusia yang tidak terkendali.

"Untuk itulah perusahaan sangat mendukung dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," jelas Heru.

Dalam acara bertema "Wariskan Hutan yang Lebih Baik untuk Generasi Penerus" tersebut, Kadishut Provinsi Riau, H Zulkifli Yusuf SH sebagai ketua penyelenggara dalam pidatonya mengatakan, kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk menggugah rasa masyarakat agar gemar menanam pohon untuk mengurangi pemanasan global.

"Selain itu tujuan serentak penanaman pohon ini adalah untuk mengurangi gas CO2," tuturnya.

Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi selaku tuan rumah, mengatakan, dengan semakin banyaknya pohon yang ditanam diharapkan dapat semakin memakmurkan kehidupan masyarakat secara luas.

Sekda Provinsi Riau Drs H Zaini Ismail, MSi dalam pidatonya mengatakan, pelaksanaan konservasi harus mengikutkan masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui fungsi dan manfaat hutan demi meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran. Menurut Sekda, kegiatan ini juga bertujuan mendukung ketahanan pangan, energi dan air.

"Ini juga menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat Riau cinta lingkungan," tuturnya.

Acara ini diawali dengan tari persembahan, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Di sela-sela acara, para undangan disuguhi tari ayak sagu. Acara diakhiri dengan pemukulan gong, penandatanganan prasasti dan penanaman pohon bersama di lokasi acara.