Meranti Jadi Pusat Penanaman Pohon Di Riau

id meranti jadi pusat penanaman pohon di riau

 Meranti Jadi Pusat Penanaman Pohon Di Riau

Selatpanjang, (Antarariau.com) - Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, dipercaya menjadi pusat kegiatan penanaman satu miliar pohon tingkat Provinsi Riau, dalam upaya memulihkan kembali kondisi lingkungan yang rusak akibat alih fungsi lahan dan keperluan lainnya.

"Kabupaten Meranti serius dalam menggalakkan program lingkungan hijau dan sehat sehingga ditunjuk sebagai tuan rumah gerakan penanaman pohon," kata Sekretaris Provinsi Riau H Zaini Ismail yang membuka kegiatan tersebut di Selatpanjang, Kamis.

Hadir pada acara itu Kadishut Provinsi Riau H Zulkifli Yusuf , Bupati Kepulauan Meranti Irwan, Wabup Kepulauan Meranti Masrul Kasmy, Kapolres AKBP Z Pandra A dan sejumlah Bupati dan Walikota di Provinsi Riau, anggota DPRD Kepulauan Meranti, para Kepala SKPD dan Kepala Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pada kegiatan itu sedikitnya 5.000 batang pohon campuran yang terdiri dari tanaman penghijauan MTS (Multiple Trees Species) dan 100 pohon cinderamata dari Gubernur Riau dan pejabat di lingkungan Pemprov Riau, serta sumbangan dari PT Riau Andalan Pulp and Papper (RAPP), sebelumnya telah dipersiapkan untuk kegiatan tersebut.

Zaini pada kesempatan itu mengharapkan kegiatan itu mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam melakukan gerakan penghijauan. Gerakan itu juga dalam rangka mendukung program nasional untuk mengurangi emisi gas karbon, rumah kaca dan pemanasan global.

Menurutnya, pelaksanaan konservasi harus mengikutkan masyarakat, agar mereka dapat mengetahui fungsi dan manfaat hutan demi meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran. Kegiatan ini juga bertujuan mendukung ketahanan pangan, energi dan air. ¿Ini juga menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat Riau cinta lingkungan,¿ tuturnya.

Ditegaskannya gerakan itu dimaksudkan sebagai titik tolak kesadaran untuk menyelamatkan kehidupan. Ini secara tidak langsung akan berefek pada peningkatan ekonomi hijau masyarakat yang pada akhirnya mengarah kepada kualitas hidup.