TP-PKK Kampar Minta Ibu Tingkatkan Kreatifitas

id tp-pkk kampar, minta ibu, tingkatkan kreatifitas

TP-PKK Kampar Minta Ibu Tingkatkan Kreatifitas

Bangkinang, (Antarariau.com) - Ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) meminta agar dapat memanfaatkan kreatifitas yang pada gilirannya ikut berperan sebagai penopang ekonomi keluarga. Tanpa meninggalkan kodrat sebagi perempuan, Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana Jefry minta sekuat tenaga untuk mencari berbagi peluang ekonomi yang dapat meningkatkan perekonomian keluaraga termasuk mahir dalam jahit-menjahit, sehingga dengan adanya keterampilan tersebut dengan sendirinya sumber-sumber keuangan keluaraga tidak hanya bersumber dari penghasilan suami saja.

Demikian disampaikan oleh Hj. Eva Yuliana Jefry pada saat mengunjungi pelatihan jahit menjahit yang diikuti oleh para perempuan dan ibu-ibu Kabupaten Kampar yang diadakan di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu pada Rabu, (11/12/13) yang pada Kegiatan ini sendiri diikuti sebanyak 90 orang selama 24 hari setiap kali angkatan yang berasal dari tiga Kecamatan yakni Kecamatan Siak Hulu, Tambang dan Kecamatan Perhentian Raja.

Ditambahkan Ketua TP PKK Kampar ini bahwa dengan adanya kegaiatan pelatihan jahit menjahit ini dapat menambah pengahsilan para ibu-ibu rumah tangga sehingga tidak sakja bertumpu kepada penghasilan suami, makanya dengan adnaya penambahan penghasilan para ibu-ibu berhentilah menjadi tangan dibawah” Katanya.

Menurutnya, jahit-menjahit memang tidak semudah membalik telapak tangan, namun perlu kerja keras sehingga betul-betul menjadi mahir, dan akhirnya sudah bisa menghasilkan jahitan pakaian yang siap dipasarkan. Dan pada pelatihan kali ini, rata-rata sebagian besar ibu-ibu sudah bisa menguasai pola-pola dasar jahit-menjahit namun terus perlu ditingkatkan.

“Kita memacu ibu-ibu melalui pelatihan jahit-menjahit mengingat seperti apa yang telah disampaikan oleh bapak Bupati, bahwa Pemda Kampar siap memberikan bantuan mesin jahit dan dana kepada ibu-ibu yang ingin membuka usaha jahit-menjahit (Home Industri), ataupun dalam bentuk member pesanan dan order jepada ibu-ibu tersebut” Ujar Eva

“Pelatihan jahit-menjahit adalah merupakan bagian dari program kerja pemerintah daerah yang terus akan kita tingkatkan dan kembangkan, sehingga dengan demikian para ibu-ibu rumah tangga maupun siapa saja dapat memperoleh keterampilan, dan salah satunya adalah keterampilan jahit-menjahit.

Kita harus terus melakukan kegiatan seperti ini, sehingga kedepan apabila sudah ada fasilitas yang cukup, maka pelatihan yang sama juga akan dilaksanakan di desa-desa” Tambah eva yang juga mahir dalam mempraktekkan cara menjahit baju kepeda para peserta.