Gajah Sumatera Mati Diduga Akibat Racun

id gajah sumatera, mati diduga, akibat racun

Gajah Sumatera Mati Diduga Akibat Racun

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Seekor gajah Sumatera jantan ditemukan mati diduga akibat racun kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja di Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Saat kita temukan, tidak ada tanda-tanda luka di tubuhnya. Sehingga ada dua kemungkinan, mati karena sakit, atau mati karena diracun," kata Kepala Seksi I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Hutomo, Kamis.

Ia mengatakan untuk memastikan penyebab kematian gajah itu, tim dokter hewan dari BBKSDA Riau sudah melakukan otopsi. Hasil otopsi masih diteliti di Lab Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sebelumnya, warga Kecamatan Pinggir dikejutkan dengan ditemukannya bangkai seekor gajah liar. Gajah tersebut ditemukan mati di kebun karet warga RT 03/01 pada Selasa (24/12).

Hutomo mengatakan gajah yang kita temukan ini kondisinya belum membusuk, sehingga diperkirakan baru tiga hari gajah itu mati. Gajah jantan yang mati ini diperkirakan usianya sekitar lima tahun. Gajah ini tergolong remaja.

Menurut dia, bangkai gajah itu ditemukan di kawasan perbatasan SM Balai Raja dengan perkebunan milik warga tempatnya.

Sementara itu, juru bicara WWF Indonesia Program Riau, Syamsidar menyebutkan, bahwa kawasan SM Balai Raja merupakan satu diantara kantong gajah yang tersisa di Riau. Hanya saja kondisi SM Balai Raja sejak satu dekade terakhir terus menyempit.

WWF memperkirakan puluhan ribu hektar kawasan itu sudah dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit, permukiman dan karet milik masyarakat.

"Kondisi ini tentunya semakin mempersempit wilayah jelajah gajah. Kalau sudah begini maka gajah menjadi sasaran empuk untuk diracun karena dianggap merusak kebun sawit," kata Syamsidar.

Pihaknya mengaku menyayangkan alih fungsi kawasan konservasi itu berlangsung secara masif padahal ilegal. "Kita memang sangat menyayangkan kondisi hutan konservasi yang dialihfungsikan secara ilegal menjadi perkebunan sawit," kata Syamsidar.