Penumpang Bandara SSK II Tembus 13 Ribu Sehari

id penumpang bandara, ssk ii, tembus 13, ribu sehari

Penumpang Bandara SSK II Tembus 13 Ribu Sehari

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Penumpang maskapai penerbangan Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mengalami lonjakan yang cukup signifikan menyusul masuknya libur sekolah, perayaan Natal 2013 dan menjelang masuknya Tahun Baru 2014.

"Jika sebelumnya rata-rata jumlah penumpang berkisar antara 9.500 sampai 10.000 per hari, kini mencapai 13 ribu orang dalam sehari pada tanggal 23 Desember 2013," ujar Airport Duty Manager Bandara SSK II Ibnu Hasan di Pekanbaru, Kamis.

Tingginya lonjakan penumpang di Badara SSK II Pekanbaru, lanjutnya, dapat diketahui dari data posko monitoring yang didirikan pihaknya selaku pengelola bandara untuk memantau arus kedatangan dan keberangkatan jelang Natal dan tahun baru sejak Sabtu (21/12).

Seperti diketahui mulai Ahad (22/12), anak-anak sekolah mulai memasuki masa liburan. Tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan masa liburan dengan berpergian ke luar kota, mengingat Riau belum memiliki tempat liburan yang menarik.

Pada hari yang sama jumlah penumpang mulai terlihat yang terlaji lojakan cukup tajam mencapai 12.000 orang penumpang dan terjadi untuk rute primadona seperti Pekanbaru-Jakarta dan Pekanbaru-Batam.

"Begitu juga dengan sebaliknya. Banyak orang Riau yang menetap di Jakarta, Batam, Medan dan bahkan di Malaysia kembali ke kampung asalnya tempat dimana ia dilahirkan," katanya.

Menurut dia, secara kasat mata lonjakan penumpang tersebut dapat terlihat dari jumlah kendaraan yang parkir di halaman parkir Bandara SSK II Pekanbaru yang selalu penuh dan begitu juga dengan ruang tunggu keberangakatan serta kedatangan.

"Kursi yang tersedia di bandara berisi penuh calon penumpang, begitu juga dengan keluarga yang menjemput diterminal kedatangan. Meski demikian, maskapai belum melakukan 'ekstra flight' karena pesawat yang ada masih cukup dengan 80 kali per hari," ucapnya.