WWF : 13 Gajah Tesso Nilo Mati Sepanjang 2013

id wwf , 13 gajah, tesso nilo, mati sepanjang 2013

WWF : 13 Gajah Tesso Nilo Mati Sepanjang 2013

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Organisasi lingkungan global atau "World Wildlife Fund (WWF)" mencatat sebanyak 13 ekor gajah sumatera liar yang berada di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) ditemukan mati sepanjang 2013.

"Rata-rata kematian gajah di Tesso Nilo akibat dibunuh dengan cara diracun," kata Humas WWF Riau, Syamsidar, kepada Antara di Pekanbaru, Selasa siang.

Jumlah itu menurut dia, masih yang ada di Tesso Nilo saja dan belum termasuk temuan bangkai gajah di sejumlah wilayah lainnya di Riau.

Ia menjelaskan, WWF sejak beberapa tahun terakhir hanya fokus pada kawasan TNTN mengingat luasa habitat yang tersisa cukup besar.

Kemudian, kata dia, kawasan TNTN juga terdapat dua kantung gajah yang merupakan terbesar di Riau.

Tesso Nilo adalah sebuah taman nasional yang terletak di Provinsi Riau dan diresmikan sejak 19 Juli 2004 dengan luas lahan sebesar 38.576 hektare.

Kawasan yang masuk wilayah taman nasional ini adalah kawasan bekas Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu, namun hingga kini di sekelilingnya masih terdapat kawasan HPH.

Menurut catatan bahwa di TNTN pada sepuluh tahun lalu masih terdapat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia.