15 Ribu Titik Kebakaran Lahan Di Riau

id 15, ribu titik, kebakaran, lahan di riau

 15 Ribu Titik Kebakaran  Lahan Di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sepanjang 2013 satelit pendeteksi panas menyatakan telah ditemukan lebih 15 ribu titik panas di indikasi sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Provinsi Riau.

Hasil pantauan Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) yang dirilis dan disampaikan kepada Antara di Pekanbaru, Selasa siang, peristiwa kebakaran hutan dan lahan paling parah terjadi sepanjang tahun 2013.

"Sumber data adalah dari Nasa Lance Firm Fire Archive di mana pemantauan dilakukan menggunakan satelit terra dan aqua modis dilakukan dua kali sehari untuk perekamanan suhu panas bumi," kata Kasman selaku aktivis Jikalahari.

Titik hotspot terbanyak menurut dia, ditemukan pada Juni dengan jumlah mencapai 8.269 titik, Juli (1.743 titik panas) dan Agustus (2.968 titik).

Rekaman detailnya menunjukkan total "hotspot" sepanjang 2013 sebanyak 15.059 titik, dengan rician bahwa di areal Perkebunan sawit yang dikelola perusahaan (HGU) terdapat 805 titik dengan total 62 perusahaan.

"Kemudian kebun sawit milik warga atau di luar perusahaann (di luar konsesi HGU) dengan total titik panas mencapai 14.254," katanya.

"Hospot" di areal Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan (hutan alam) ditemukan total 557 titik.

Sebanyak 4.694 titik panas itu, kata dia, terjadi di konsesi hutan tanaman industri yang dikuasai oleh grup Asia Pulp and Paper (APP) dan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL).