Tira Pimpin PWI Pokja Pekanbaru

id tira pimpin, pwi pokja pekanbaru

Tira Pimpin PWI Pokja Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Hendri Agustira atau akrab disapa Tira yang merupakan Redaktur Pelaksana Harian Pekanbaru MX yang satu grup dengan Harian Riau Pos terpilih dengan suara mutlak sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kelompok Kerja (Pokja) Pekanbaru.

"Dalam pemilihan yang diselengarakan akhir tahun 2013, Tira memimpin dengan perolehan 38 suara disusul redaktur Harian Metro Riau Asril Darma 17 suara, Mardisna Husein tiga suara dan Darmawan tanpa suara," ujar Sekretaria PWI Riau Eka Putra di Pekanbaru, Rabu.

Pemilihan tersebut diadakan pada tanggal 30 Desember 2013 yang mengambil tempat di Auditorium Pustaka Wilayah Provinsi Riau Soeman Hasibuan dan dirangkan dengan acara refleksi akhir tahun 2013 yang digelar PWI Riau.

Dalam pemilihan yang berjalan lancar tanpa ada konflik yang bearti, lanjut Eka, itu menunjukkan sebagai anggota PWI Riau adalah satu keluarga dan tidak seperti pada pemilihan gubernur Riau periode 2013-2018 yang selalu dipenuhi dengan acara gugatan ke Mahkamah Konstitusi dari pasangan yang kalah.

Meski sempat muncul keraguan karena secara legal formal, keberadaan PWI Kota Pekanbaru tidak diatur dalam Aturan Dasar dan Aturan Rumah Tangga (AD/ART) disebabkan posisinya berada di ibu kota provinsi atau berbeda dengan kabupaten/kota di Riau.

Setelah PWI Riau melakukan koordinasi dengan PWI pusat dan dialog berlangsung secara komunikatif, akhirnya organisasi profesi tersebut memberikan restu dengan membentuk PWI Pokja Pekanbaru.

"PWI pokja ini tugasnya mengkoordinasi berbagai sumber dan potensi kewartawanan yang ada di Pekanbaru seperti Pemko Pekanbaru, DPRD Kota Pekanbaru, Polres Pekanbaru, Kejari Pekanbaru dan sebagainya. Selama ini PWI Riau selalu bermain di wilayah provinsi saja," katanya.

Usai pemilihan, Ketua PWI Riau Dheni Kurnia memberi batas waktu kepada Tira untuk menyiapkan kepengurusan pokja Pekanbaru yang lengkap per 1 Februari 2014 dan berkoordinasi dengan PWI Riau setiap kegiatan.

"Pelantikan akan dilakukan bersamaan dengan peresmian gedung PWI Riau yang berada di Jalan Arifin Achmad dan direncanakan dihadiri Ketua Umum PWI Margiono. PWI Pokja Pekanbaru menempati gedung yang lama di samping Kantor Antara Biro Riau di Jalan Sumatera," ucapnya.

Tira menyampaikan rasa terima kasih pada rekan-rekan wartawan yang telah mempercayainya untuk menjadi Ketua PWI Pokja Pekanbaru dan dalam waktu dekat akan membentuk tim fomatur serta kepengurusan yang baru.

"Ini amanah yang sangat besar. Dengan apa yang diberikan teman-teman, saya berharap nantinya dapat kerjasama semua untuk membangun demi kemajuan jurnalistik khususnya di Pekanbaru dan Riau pada umumnya," katanya.