Kata Pihak Bandara Pesawat Batal Terbang Bukan Karena Asap

id kata pihak, bandara pesawat, batal terbang, bukan karena asap

Kata Pihak Bandara Pesawat Batal Terbang Bukan Karena Asap



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, menyatakan satu pesawat milik Maskapai Lion Air batal terbang dari Batam menuju Pekanbaru bukan karena kabut asap.

"Itu karena managemen operasional mereka sendiri (maskapai) yang melakukan pembatalan dikarenakan operasional yang jauh hari sebelumnya sudah memberitahukan ke pihak pengelola bandara," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan di Pekanbaru, Rabu malam.

Begitu juga dengan beberapa pesawat dari maskapai lainnya yang membatalkan keberangkatan menuju Pekanbaru, menurut dia, juga karena ada permasalahan teknis, bukan akibat kabut asap.

"Ini adalah konfirmasi terakhir yang didapat dari pihak maskapai tersebut sekiranya dapat meralat kabar sebelumnya," kata dia.

Sebelumnya dikabarkan, pesawat Lion Air dengan kode JT 237 membatalkan penerbangan dari Batam ke Pekanbaru karena kabut asap.

Keputusan pembatalan diumumkan otoritas Bandara SSK II sekitar pukul 09.30 WIB, dimana seharusnya sesuai jadwal pesawat itu tiba di Pekanbaru pukul 10.00 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru sebelumnya menyatakan, bahwa visibilitas atau jarak pandang di Bandara SSK II pada Rabu (12/2) pukul 07.00 WIB berkisar 800 hingga 1.000 meter.

Namun melampaui pukul 09.00 WIB, menurut analis lembaga tersebut, jarak pandang sudah berada di atas 1,5 kilometer sehingga sudah layak untuk aktivitas penerbangan.