Tim Unri Sisir Potensi Nipah Riau

id tim unri, sisir potensi, nipah riau

Tim Unri Sisir Potensi Nipah Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tim dari Universitas Riau akan menyisir potensi nipah sebagai penghasil bahan bakar nabati yang berada di kawasan pesisir pantai wilayah tersebut.

"Kami menjadwalkan Mei 2014 bersama sejumlah dosen dan instansi terkait menyisiri kawasan pesisir di Riau untuk mendata potensi nipah, karena potensinya cukup besar antara lain sebagai penghasil bahan bakar nabati (BBN)," kata Rektor Universitas Riau Prof Dr Ashaluddin Jalil dia di Pekanbaru, Rabu.

Penyisir potensi nipah itu sebagai bagian dari aksi menindaklanjuti temuan penelitan Dr Sopyan Hadi hingga berhasil menemukan potensi tanaman nipah (nypa frutican wurmb) menjadi bio etanol sebagai energi campuran (mix) biofuel berkelanjutan itu.

Peneliti Sopyan Hadi --yang juga Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis-- telah membangun Pertamini Biopremim Etanol Nipah di Bengkalis.

Pertamini tersebut dilengkapi dengan SPBU bioetanol, katanya, khusus memasok kebutuhan Bahan Bakar Nabati (BBN) untuk kendaraan di lingkungan Pemkab Bengkalis, yang seharusnya sudah bisa dikembangkan untuk daerah lainnya di Riau.

"Untuk itu kita akan menginventarisasi kawasan atau daerah mana saja di Riau yang banyak ditanami nipah, apalagi nipah sesuai hasil beberapa penelitian sudah bisa menghasilkan gula dari nira nipah yang dikeringkan, BBN hasil fermentasi getah nipah kental, cuka nipah dan madu nipah," katanya.

Pengembangan penelitian untuk nipah perlu terus dilakukan karena terbukti bahwa selain bisa menggantikan premium berasal dari energi fosil itu, nipah juga bisa dijadikan upaya pemberdayaan pendapatan kaum ibu yang memanen pelepah nipah dan kegiatan pariwisata dari sisi adat dan isitiadat masyarakat yang "bernyanyi" ketika menyadap nipah.

Apakah ini suatu budaya, katanya lagi, atau kebiasaan karena takut pergi sendiri memanen pelepah nipah hingga mereka bernyanyi menekan kegalauan hati tentunya potensial sebagai salah satu objek wisata sebagai sebuah kearifan lokal.