Pasien Ispa Di Dumai Capai 510 Orang

id pasien, ispa di, dumai capai, 510 orang

 Pasien Ispa Di Dumai Capai 510 Orang

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Jumlah kunjungan pasien mengalami infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) di sejumlah fasilitas kesehatan Pemkot Dumai, Riau pada pekan keenam 2014 ini mencapai 510 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dumai Marjoko Santoso di Dumai Kamis, mengatakan angka kunjungan tersebut belum naik signifikan meskipun kondisi udara saat ini diselimuti kabut asap dampak kejadian kebakaran lahan.

"Kunjungan pasien ini kita himpun disemua layanan medis masyarakat, di rumah sakit dan Puskesmas milik pemerintah," katanya.

Dia menjelaskan, sejak kemunculan kabut asap yang menyelimuti wilayah kota Dumai, peningkatan kunjungan pasien dapat dilihat perhari disemua fasilitas medis pemerintah.

Dalam situasi kualitas udara yang tidak sehat ini, lanjutnya, sebaiknya masyarakat waspada saat berada diluar ruangan dengan cara selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan.

Selain itu, ia menganjurkan agar warga mengantisipasi terserang penyakit saluran pernafasan ini dengan meminum air putih secukupnya dan mengurangi kegiatan di luar ruangan.

"Kualitas udara saat ini tidak menentu, dan diharapkan warga menjaga kesehatan dengan segera memeriksakan diri ke tenaga medis jika sudah mengalami gangguan pada pernafasan," ungkapnya.

Pihaknya juga telah membagikan puluhan ribu masker dan mempersiapkan cadangan untuk dibagikan kepada masyarakat jika kondisi kabut asap belum terkendali dan membahayakan kesehatan.

"Masker akan kita sebar ke semua Puskesmas di seluruh kecamatan untuk mengantisipasi meluasnya penyakit akibat menghirup udara berkabut asap ini," jelasnya.