ARB Batal Hadiri Pelantikan Gubernur Riau Akibat Asap

id arb batal, hadiri pelantikan, gubernur riau, akibat asap

ARB Batal Hadiri Pelantikan Gubernur Riau Akibat Asap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) batal menghadiri acara pelantikan Gubernur Riau terpilih akibat kabut asap kebakaran lahan pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, Rabu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Djohar Firdaus dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Gubernur Riau di Gelanggang Remaja, Pekanbaru.

"Sejatinya pengurus pusat Partai Golkar, Aburizal Bakrie, akan hadir bersama Akbar Tanjung tapi karena kondisi berasap maka batal," kata Djohar Firdaus.

Informasinya ARB akan menggunakan pesawat pribadi dari Jakarta untuk menghadiri acara pelantikan. Hanya saja, rencana itu terpaksa batal karena asap pekat menurunkan jarak pandang dan berbahaya untuk penerbangan.

"beliau hanya bisa mengirimkan salam untuk kita semua," ujar Djohar.

Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman akhirnya dilantik pada hari ini setelah sempat tertunda cukup lama karena menunggu hasil sidang sengketa Pemilukada Riau di Mahkamah Konstitusi.

Pelantikan pasangan politik dari Partai Golkar itu langsung dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan turut dihadiri Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Meski begitu, acara pelantikan cukup terganggu karena asap pekat sisa kebakaran lahan dan hutan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan jarak pandang menurun drastis tinggal 500 meter.

Berdasarkan pantuan Satelit Terra & Aqua pagi ini terdeteksi titik panas (hotspot) di Riau meningkat dari 126 pada 18 Februari lalu menjadi 256 titik yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru menyatakan, sejumlah penerbangan dari Jakarta dan Singapura terpaksa ditunda karena asap pekat tidak aman untuk penerbangan.