Bupati Siak Hadiri Rakornas Persiapan Pemilu

id bupati siak, hadiri rakornas, persiapan pemilu

Bupati Siak Hadiri Rakornas Persiapan Pemilu

Siak, (Antarariau.com) - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi didampingi Kakan Kesbangpol dan Linmas Kab.Siak Yurnalis Basri S.Sos,MSi bersama Forkopimda Kabupaten Siak, menghadiri Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pemilu Anggota DPR,DPD, dan DPRD tahun 2014 yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden RI Boediono bertempat di Balai Sidang Jakarta Covention Center, 11 Februari 2014 dengan agenda Pemantapan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu sesuai amanat UU No 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan Pemilu.

Turut hadir sebagai peserta dalam kesempatan tersebut, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, Mabes TNI dan Polri, Kejagung, para Pangdam dan Kapolda, Kajari dan Kapolres, para Kakan Kesbangpol, serta Ketua KPUD dan Bawaslu Kab/Kota se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Kegiatan Rakornas ini memiliki nilai penting dan strategis sebagai upaya menjalin sinergi dalam rangka menyongsong pemilu yang akan dilaksanakan lebih kurang 57 hari lagi.

"Sesuai pasal 126 UU 15 Tahun 201, dimana Pemda wajib memberikan bantuan dan fasilitas dlm rangka membantu kelancaran pemilu, hasil rakor wajib ditindaklanjuti ditingkat daerah agar terjalin pemilu yang jujur dan adil" paparnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono dalam arahannya memaparkan 13 intruksi terkait persiapan Pemilu Legislatif yang akan datang. Diantaranya berkenaan kesiapan pemerintah daerah dalam membantu kelancaran pelaksanaan Pemilu dan akuntabilitas penggunaan anggaran.

"Saya mengajak semua elemen bangsa untuk memberikan perhatian pada 13 instruksi terkait pemilu legislatif. Mari kita sukseskan pemilu legislatif, beberapa waktu yang lalu kita mampu melaksanakan Pilpres dengan sukses dan dunia memberikan apresiasi, mari ukir sejarah baru agar Pemilu legislatif 2014 juga dapat berlangsung dengan sukses. Mari kita ambil

pelajaran pada pemilu lalu, ambil yg baik, dan pelajari kekurangannya dengan tetap berpedoman pada aturan pemilu" paparnya.

Selain itu, Presiden juga berharap para pimpinan daerah untuk dapat memahami tugas dan kewajiban masing-masing serta mencegah berbagai bentuk pelanggaran dan intimidasi

serta benturan horizontal.

Selain pengarahan langsung dari Presiden RI berkenaan persiapan Pemilu Legislatif, acara dilanjutkan dengan berbagai pemaparan. Diantaranya pemaparan dari Mendagri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Menkopolhukam.