Puluhan Penerbangan Di Bandara Pekanbaru Belum Aktif

id puluhan penerbangan, di bandara, pekanbaru belum aktif

Puluhan Penerbangan Di Bandara Pekanbaru Belum Aktif

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menyatakan sekitar 42 penerbangan masih belum aktif kembali meski asap kebakaran sudah tidak lagi berbahaya bagi penerbangan.

"Hari ini mestinya ada 70 kali jadwal penerbangan, tapi sekitar 42 penerbangan statusnya masih dibatalkan atau cancel," kata Airport Duty Manager SSK II, Hasnan, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan baru ada sekitar 32 penerbangan yang aktif kembali selama dua hari terakhir. Penerbangan tersebut diantaranya dari maskapai Garuda Indonesia, Mandala Tiger Air, Citylink, dan Lion Air dan Batik Air.

"Jarak pandang sejauh ini tidak lagi terganggu asap, karena sudah lebih dari 1.000 meter," katanya.

Sebelumnya, sejumlah maskapai yang tergabung dalam Komite Operator Maskapai Penerbangan (Airlines Operator Comittee/AOC) Pekanbaru memutuskan stop terbang sementara sejak 13 Maret lalu. Hasnan menilai keputusan ini yang membuat pembelian tiket menurun sehingga belum semua penerbangan pulih kembali.

Meski begitu, ia mengatakan aktivitas penerbangan pada Selasa pagi sempat terganggu gumpalan awan. Akibatnya, dua pesawat dari maskapai Mandala dan Citylink tujuan Pekanbaru sempat dialihkan (divert).

Menurut dia pesawat Mandala dialihkan penerbangannya ke Bandara Kauala Namu, Medan dan Citylink terpaksa beralih ke Bandara Hang Nadim, Batam. Namun, ia mengatakan kedua pesawat akhirnya berhasil mendarat di Bandara SSK II sekitar pukul 10.20 WIB atau lebih dari tiga jam dari jadwal semula.

"Tadi pagi jarak pandang normal, hanya saja dari atas sempat tertutup awan sehingga tidak kelihatan sehingga pesawat dialihkan," katanya.

Sementara itu, Station Manager Garuda Indonesia Pekanbaru, Irawan Suryadi mengatakan baru 3-4 penerbangan yang aktif kembali setelah jarak pandang di Bandara Pekanbaru membaik. Padahal, biasanya maskapai penerbangan nasional itu melayani enam penerbangan di Pekanbaru.

"Semoga dalam waktu dekat semua bisa normal lagi," harap Irawan.