Jarak Pandang Empat Daerah di Riau Normal

id jarak pandang, empat daerah, di riau normal

Jarak Pandang Empat Daerah di Riau Normal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau menyatakan jarak pandang di empat daerah kabupaten/kota di provinsi ini telah kembali normal dengan rata-rata di atas 5 kilometer.

Wakil Komandan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Terpatu Bencana Kabut Asap Riau, Mayjen TNI Iskandar M. Sahil dalam rilis, Rabu mengatakan, Kabupaten Pelalawan yang tadinya cukup parah tertutup kabut asap dampak kebakaran lahan dengan jarak pandang maksimum (visibilitas) 500 meter, sejak Selasa (18/3) mencapai di atas 5 kilometer.

Sementara itu, dilaporkan untuk Kota Pekanbaru yang sejak beberapa pekan tertutup asap dengan visibilitas di bawah seribu meter, saat ini telah menembus tujuh kilometer.

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru yang tadinya sempat terganggu kabut asap, saat ini sudah kembali berjalan normal.

Untuk Kabupaten Indragiri Hulu khususnya di Rengat, Satgas menyatakan jarak pandang telah berada di atas delapan kilometer dan di Kota Dumai yang sebelumnya terkena dampak kabut asap paling parah, saat ini visibilitas berada di atas 10 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, terus menipisnya kabut asap di berbagai daerah di Riau ditunjang terjadinya hujan dalam beberapa hari terakhir.

Lembaga ini memprakirakan, hujan membuat potensi tingkat kemudahan kebakaran lahan menurun hampir di sebagian besar Provinsi Riau.

Sementara itu untuk prediksi arah angin masih bertiup dari arah Timur Laut dengan kecepatan rata-rata 5-18 kilometer per jam.

BMKG memprakirakan, potensi hujan ringan sampai dengan sedang masih akan terjadi di sebagian besar wilayah Riau termasuk di empat daerah tersebut.