Pekanbaru Entaskan Kemiskinan 700 KK per Tahun

id pekanbaru entaskan, kemiskinan 700, kk per tahun

Pekanbaru Entaskan Kemiskinan 700 KK per Tahun

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengentaskan kemiskinan sebanyak 700 Kepala Keluarga (KK) setiap tahun melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat dikelola oleh PNPM Mandiri Kota Pekanbaru.

"Atas keberhasilan itu tahun 2013 Islamic Development Bank (IDB) menyusun film dokumenter tentang program Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengentaskan kemiskinan itu," kata Tenaga Kebijakan Publik PNPM Mandiri Provinsi Riau, Rusmani Said dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 700 KK miskin yang telah diberdayakan itu, dihimpun sejak tahun 2000 - tahun 2011. Sementara itu film dokumenter yang kini dalam persiapan selesai itu, untuk selanjutnya akan dibagikan oleh IDB ke seluruh pemerintah bupati dan kota se Indonesia untuk menjadi contoh dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Upaya pengentasan kemiskinan dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, katanya, lagi telah dicontoh oleh Pemerintah Afrika dan wilayah Indonesia binaan IDB.

"Yang menjadi daya tarik Pekanbaru untuk dijadikan contoh dalam upaya pengentasan kemiskinan bagi daerah lainnya adalah mengenai visi dan misinya Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengentaskan kemiskinan yang dikuatkan dengan terbitnya Peraturan Perwako No.37 tahun 2009," katanya.

Perwako tersebut, katanya lagi, bukan hanya sekedar tertulis namun sudah diimplementasikan dengan berbagai program pengentasan kemiskinan.

Bahkan pada tahun 2012 hingga tahun 2013 tercatat pencapaian pengentasan kemiskinan sebanyak 6.000 kk dan mereka sudah keluar dari kategori keluarga miskin.

"Ini dibuktikan dengan enam ribu KK lebih itu sudah mendapat kepercayaan untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pihak perbankan," katanya.

KK miskin yang mendapat kepercayaan mengakses pinjaman modal usaha dari PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pekanbaru itu mulai dengan pinjaman Rp5 juta hingga Rp10 juta per KK.

Atas keberhasilan itu, lanjut dia, menambahkan Pemerintah Kota Pekanbaru akan melanjutkan upaya yang sama melalui program pemberdayaan pengentasan kemiskinan berbasis Rukun Warga (RW) pada tahun 2014.