Calon DPD Riau, Abdul Gafar Usman Utamakan Kampanye Dialogis

id calon dpd, riau abdul, gafar usman, utamakan kampanye dialogis

Calon DPD Riau, Abdul Gafar Usman Utamakan Kampanye Dialogis

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Seorang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Riau dengan nomor urut 1 Abdul Gafar Usman menyatakan, dirinya lebih mengutamakan kampanye bersifat dialogis ketimbang rapat umum terbuka.

"Metodenya terserah masing-masing peserta, namun hasil kerja yang lebih penting. Taktik kampanye dialogis lebih saya sukai ketimbang rapat umum seperti tatap muka yang intens dengan masyarakat karena efektif untuk mengenalkan DPD kepada masyarakat", katanya di Pekanbaru, Rabu.

Kesukaan dirinya untuk melakukan kampanye secara dialogis, menurutnya, dilatari banyaknya pengalaman profesi yang beliau tekuni mulai dari guru mengaji, dosen, ketua pemuda di Riau dan wakil ketua Partai Golkar Riau pada zaman orde baru.

Beragam latar profesi tersebut membuatnya dapat mengembangkan jaringan emosional yang pada gilirannya berujung pada kerja sama.

Saat ini dia masih tercatat sebagai anggota DPD asal Riau periode 2009-2014 dan selama melakoni diri sebagai senator tersebut, Abdul mengklaim telah memperjuangkan berbagai kepentingan Riau di tingkat nasional.

"Dana alokasi umum telah didapat oleh seluruh wilayah di Riau. MTsN sudah bisa memperoleh dana APBD, kemudian utang sebesar 1,2 triliun juga bisa terbayar lantaran APBD Riau berhasil ditingkatkan," katanya.

Meskipun begitu, ia mengaku masih risih dengan banyaknya masyarakat yang tak faham tentng fungsi DPD. Padahal DPD merupakan salah satu kepanjangan tangan daerah terutama Riau di tingkat nasional.

"Urgensi DPD bagi daerah hingga kini belum dipahami seutuhnya oleh masyarakat. Ini tentu sangat merugikan masyarakat karena aspirasi daerah dapat tersalurkan melalui lembaga yang bernama DPD," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Antara, sampai saat ini di Pekanbaru hanya satu calon DPD yang baru melakukan kampanye rapat umum terbuka atas nama Desmianto dengan nomor urut 6 yang melakukan kampanye di lapangan Politeknik Caltex Riau pada Senin (17/3).

Dalam oransinya Desmianto juga peran pentingnya DPD karena bisa dibilang setara dengan gubernur. "Berangkatkan kami dengan doa anda semua, semoga amanah yang saudara berikan kepada kami di ridohi. Begitu juga setiap kebijakan dan pembangunan yang kami lakukan nanti menjadi pahala pegabdian kami," kata dia dalam orasi.