DPRD Pertanyakan Pinjaman Tanpa Agunan di Siak

id dprd pertanyakan, pinjaman tanpa, agunan di siak

DPRD Pertanyakan Pinjaman Tanpa Agunan di Siak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota DPRD Kabupaten Siak, Riau, mempertanyakan realisasi pinjaman tanpa angunan seperti yang pernah dijanjikan oleh bupati saat kampanye.

"Masalah ini sering mengemuka karena warga butuh modal usaha untuk kelangsungan hidup, namun mereka tidak melihat program pemerintah memberikan pinjaman tanpa agunan," kata anggota DPRD Siak Sunardi dihubungi dari Pekanbaru, Rabu.

Sunardi mengatakan belakangan ini warga sering meminjam uang ke rentenir karena tidak mempunyai jaminan, mereka akhirnya terbelit hutang tanpa henti untuk melunasi.

Bahkan banyak warga yang berusaha dengan berjualan yang bangkrut karena tidak mampu mengembalikan pinjaman kepada rentenir.

Menurut dia bahwa dalam janji politik pada Pilkada Bupati Siak Syamsuar menyebutkan akan memberikan pinjaman kepada pengusaha kecil tanpa angunan.

Namun janji tersebut ditagih oleh warga karena belum ada realisasinya meski sudah disampaikan kepada aparat berwenang Pemkab Siak.

"Janji itu merupakan hutang, apalagi diucapkan dihadapan massa saat kampanye Pilkada Siak," katanya.

Belakangan ini sering muncul pihak tertentu yang berupaya meminjamkan uang dengan mengaku badan hukum koperasi, tapi angsuran pembayaran dengan bunga tinggi.

Dia menambahkan pihaknya sering mendapatkan laporan menyangkut masalah tersebut terutama ketika kunjungan ke daerah pemilihan dan saat reses.

Sunardi mengatakan diharapkan Bupati Siak untuk dapat mewujudkan janji politik tersebut demi untuk kepentingan warga yang ingin berusaha, termasuk berjualan.

Demikian pula pihaknya berharap aparat dapat menindak rentenir yang meresahkan warga karena memberikan pinjaman dengan bunga tidak wajar.