Pekanbaru Jadi Pemerintah Terbaik Peduli Kemiskinan

id pekanbaru jadi, pemerintah terbaik, peduli kemiskinan

Pekanbaru Jadi Pemerintah Terbaik Peduli Kemiskinan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tercatat sebagai pemerintah terbaik peduli kemiskinan di seluruh Indonesia pada 2013.

"Islamic Development Bank (IDB) telah memulai menyusun film dokumenter tentang keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengentaskan kemiskinan itu," kata Tenaga Kebijakan Publik PNPM Provinsi Riau Rusmani Said dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Rusmani, film dokumenter yang kini dalam persiapan selesai itu, untuk selanjutnya akan dibagikan oleh IDB ke seluruh pemerintah bupati dan kota se Indonesia untuk menjadi contoh dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Upaya pengentasan kemiskinan dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, katanya lagi telah menjadi contoh bagi Pemerintah Afrika dan wilayah Indonesi Binaan IDB.

"Daya tarik upaya pengentasan kemiskinan bagi daerah lainnya adalah mengenai visi dan misinya Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengentaskan kemiskinan yang dikuatkan dengan terbitnya Peraturan Perwako No.37 tahun 2009," katanya.

Perwako tersebut, katanya lagi, bukan hanya sekedar tertulis namun sudah diimplementasikan dengan berbagai program pengentasan kemiskinan.

Hal ini dibuktikan, katanya, tingkat pencapaian pengentasan kemiskinan setiap tahun sebanyak 700 sejak tahun 2000 sampai dengan tahun 2011.

Tahun 2009, dan tahun 2013 tercatat pencapaian pengentasan kemiskinan sebanyak 6.000 kk dan mereka sudah meningkat menjadi keluarga berdaya dan sudah mendapat kepercayaan untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pihak perbankan.

"Banyak KK miskin yang sudah berdaya mendapat kepercayaan mengakses pinjaman modal usaha dari PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pekanbaru mulai pinjaman Rp5 juta hingga Rp10 juta per KK," katanya.

Atas keberhasilan itu, katanya menambahkan Pemerintah Kota Pekanbaru akan melanjutkan upaya yang sama melalui program pemberdayaan pengentasan kemiskinan berbasis Rukun Warga (RW).