Satelit NOAA Deteksi 118 "Hotspot" Sumatera

id satelit, noaa deteksi, 118 hotspot sumatera

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 milik Amerika Serikat mendetesi 118 titik panas (hotspot) di Pulau Sumatera dan terbanyak masih di Provinsi Riau dengan jumlah mencapai 68 titik.

"Untuk titik panas terbanyak di Riau berada di Kota Dumai yakni 21 titik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri kepada pers di Pekanbaru, Kamis.

Data BPBD menyebutkan, "hotspot" juga terpantau berada di Kabupaten Bengkalis dengan jumlah mencapai 20 titik, kemudian di Siak terdapat tujuh titik.

Sementara itu di Kabupaten Rokan Hilir dan Meranti masing-masing terdeteksi ada enam titik panas, dan di Pelalawan terdapat empat "hotspot".

Di Kabupaten Indragiri Hulu terdapat dua titik panas, sementara di Kuantan Singingi serta Rokan Hulu masing-masing sati titik panas.

Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, saat ini sejumlah wilayah kabupaten/kota di Riau telah kembali diselimuti kabut asap dampak kebakaran lahan.

Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau sejauh ini dikabarkan masih terus berupaya memadamkan titik kebakaran lahan.