BPPD Riau Nantikan Kucuran Dana Pusat

id bppd riau, nantikan kucuran, dana pusat

BPPD Riau Nantikan Kucuran Dana Pusat

Rengat, (Antarariau.com) - Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Riau berharap tahun mendatang pemerintah pusat akan mengucurkan dana ke daerah untuk membantu merealisasikan sejumlah program unggulan sehingga berjalan dengan optimal.

"Usulan untuk mendapatkan tambahan dana dari pusat akan di segerakan, karena pengelolaan perbatasan yang ruang lingkupnya sangat besar, bukan saja perbatasan antara kabupaten dan provinsi tetapi antar negara," kata kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Riau, R Zulkarnain MM di Pekanbaru.

Ia mengatakan, Provinsi Riau sangat luas sebagaimana diketahui berdekatan dengan negara tetangga yaitu Negara Malaysia, Negara Singapura.

Jika masalah perbatasan tidak dikelola dengan maksimal masih sering diperdebatkan maka ke depan akan lahir sejumlah konflik yang akan meruncing kepada perselisihan.

Padahal Pemerintah Pusat dan Daerah Riau berharap konflikasi tidak terjadi di daerah yang pada akhirnya masarakat menjadi korban.

Warga di wilayah perbatasan masih terlihat terisolir, kurang mendapatkan akses komunikasi yang baik bahkan ekonomi masih banyak bergantung kepada daerah luar karena letaknya sangat jauh dari pusat kota Riau dan akibatnya banyak warga yang berdomisili di wilayah itu hidupnya bergantung pada negara tetanga yang lebih dekat.

"Inilah salah satu program BPPD ke depan, mengangkat ekonomi warga agar tidak merasa ketergantungan dari negara tetangga yang justru melemahkan daerah sendiri," ujarnya.

Menurut Zulkarnain, menjaga keutuhan negara sangat penting sekaligus mempertahankan tanah wilayah perbatasan.

BPPD Riau yang baru terbentuk membutuhkan anggaran yang besar untuk menyelesaikan program tersebut.

Karena itu akan terus meminta kepada pusat agar dapat membantu anggaran yang dibutuhkan agar program tersebut berjalan lancar dan berhasil dengan baik sesuai dengan rencana program unggulan yang telah ditetapkan untuk jangka menengah.

"Saya akan bekerja optimal, tentu tidak terlepas dari instansi pendukung lainnya," ucap Zulkarnain.