Lapas Pekanbaru: 15 Napi Ujian Paket C

id lapas pekanbaru, 15 napi, ujian paket c

Lapas Pekanbaru: 15 Napi Ujian Paket C

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 15 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan Anak dan Wanita Pekanbaru, Riau, terdaftar sebagai peserta ujian Paket C, setara dengan ujian SMA, kata Hasan, Kepala Seksi Pembinaan dan Kegiatan Kerja (Binadik) setempat.

"Sementara untuk Ujian Nasional (UN) yang dimulai hari ini tidak ada yang ikut," kata Hasan kepada Antara di Pekanbaru, Senin siang.

Sebanyak 15 napi tersebut yang mengikuti ujian Paket C, kata dia, terdiri dari warga binaan kasus pemerkosaan, pembunuhan, pencurian dan narkotika serta obat-obatan terlarang (narkoba).

Peserta ujian Paket C terbanyak, menurut dia, merupakan napi dari kasus narkoba dan pencurian.

Sebagian besar merupakan napi yang telah menjalankan hukuman lebih dari satu tahun, jelasnya.

"Mereka yang tadinya tercatat sebagai pelajar sekolah, kemudian diberhentikan dan akhirnya mengikuti ujian kesetaraan atau Paket C yang akan digelar Dinas Pendidikan setelah Ujian Nasional," katanya.

Menurut data Dinas Pendidikan Provinsi Riau, sebanyak 76.894 siswa-siswi dari sejumlah SMA/sederajat di seluruh kabupaten/kota mengikuti Ujian Nasional yang dilaksanakan serentak hari ini.

Untuk tingkat SMA terdata sebanyak 41.928 pelajar, SMK sebanyak 21.349 pelajar, Madrasah Awaliyah (MA) sebanyak 8.949 pelajar, peserta Paket C sebanyak 4.653 orang dan SMA Luar Biasa sebanyak 15 pelajar.

Sementara mengenai untuk rincian masing-masing daerah, Kota Pekanbaru menjadi peserta terbanyak dengan total 15.828 pelajar. ***3***