Pengelola Bus Transmetro Pekanbaru Prioritaskan Ke Rumbai

id pengelola bus transmetro pekanbaru prioritaskan ke rumbai

 Pengelola Bus Transmetro Pekanbaru Prioritaskan Ke Rumbai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengelola bus Transmetro Pekanbaru, Riau, memprioritaskan pelayanan ke Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir karena sangat dibutuhkan warga dan mahasiswa.

"Kami utamakan bila bus kiriman datang dapat melayani warga ke Rumbai karena sudah ada beberapa halte," kata Dirut Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Pemkot Pekanbaru Heri Susanto di Pekanbaru, Selasa.

Heri mengatakan upaya tersebut karena pihaknya dipercaya Pemkot Pekanbaru sebagai pengelola bus Transmetro (sejenis busway di Jakarta) sejak Januari 2014.

Menurut dia, ada sekitar 20 bus yang akan datang dari Jakarta secara bertahap untuk dioperasikan sebagai penambahan koridor yang sudah ada.

Selama ini bus yang nyaman dengan tarif dekat dan jauh sebesar Rp3.000 per orang itu melayani koridor Panam, Pandau, Tenayan Raya, Harapan Raya, Soekarno-Hatta dan Sungai Duku.

Namun sejak beberapa bulan terakhir ini desakan dari warga Rumbai Pesisir dan Rumbai terus bergulir agar bus tersebut juga melintasi wilayah mereka.

Alasan tersebut karena pihak Dinas Perhubungan Pemkot Pekanbaru telah membangun halte bus di kawasan kampus Universitas Lancang Kuning dan sekitar Stadion Kaharudin Nasution, Rumbai.

Bahkan anggota DPRD dari pemilihan Rumbai dan Rumbai Pesisir, Masny Ernawati mendesak agar pengelola bus melayani rute jalan Yos Sudarso.

Heri mengatakan bahwa selama ini memang ada kendala menyangkut keterbatasan armada dalam melayani warga Rumbai.

Demikian pula kendala tersebut karena jalur menuju Rumbai yakni Jembatan Siak III dalam perbaikan sehingga tidak dapat melintas.

Upaya lain yang dilakukan untuk melayani warga Rumbai adalah armada harus melalui jalan Riau kemudian ke jalan Siak II dan Simpang Palas. *