Pemilu - PPK Di Dumai Serentak Gelar Pleno

id pemilu, - ppk, di dumai, serentak gelar pleno

 Pemilu - PPK Di Dumai Serentak Gelar Pleno

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) pada tujuh kecamatan se-Kota Dumai secara serentak menggelar pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu legislatif (Pileg) pada hari ini.

Pantauan dilapangan di Dumai, Rabu, proses pleno pada semua PPK dibuka secara langsung oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian serta diawasi petugas panitia pengawas pemilu (panwaslu).

"Seluruh panitia di kecamatan hari ini akan memulai membuka kotak suara dan menghitung perolehan suara pemilu legislatif secara terbuka, disaksikan para saksi utusan dari partai politik," kata Ketua KPU Dumai, Darwis di Kantor Kecamatan Dumai Timur, Jalan Putri Tujuh.

Dia menjelaskan, pleno di tingkat PPK tersebut baru dapat dilaksanakan menyusul telah tuntasnya pleno penghitungan perolehan suara pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi dan Kota pada tingkat kelurahan pada Selasa (15/4).

Pleno ditingkat kecamatan baru bisa digelar hari ini karena proses penghitungan suara di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) pada 33 kelurahan berlangsung cukup rumit dan sempat terjadi penghitungann ulang di sejumlah tempat pemungutan suara.

"Panitia di kelurahan kemarin baru dapat menyelesaikan pleno penghitungan suara sesuai jadwal yang ada dan pleno di tingkat kecamatan kita rencanakan selesai hingga besok," terangnya.

KPU Dumai sejauh ini, lanjutnya, belum dapat memastikan dan mengumumkan partai politik mana peraih suara terbanyak karena harus menunggu tuntasnya penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Divisi Penindakan dan Penegakkan Hukum Panwaslu Dumai Yossi Rinaldi menyatakan, puluhan petugas pengawas lapangan diturunkan untuk mengawal jalannya pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan.

"Kita bersama KPU dan kepolisian secara bersama-sama mengawal jalannya pleno, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan serta supaya pelaksanaan penghitungan suara berlangsung dengan tertib dan lancar," katanya.