Perusahaan Sawit Adalah Aset Negara

id perusahaan sawit, adalah aset negara

Perusahaan Sawit Adalah Aset Negara

Rengat, (Antarariau.com) - Perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau adalah aset negara yang perlu dijaga dengan baik karena telah memberikan kontribusi yang sangat besar untuk negara sebagai pembayar pajak yang aktif, selain itu telah menampung ribuan tenaga kerja.

" Seperti PT Tunggal Perkasa Plantation (TPP) anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Jakarta, hingga saat ini telah menampung 2.400 tenaga kerja dan merupakan pembayar pajak terbesar nomor lima di Riau," kata Humas PT TPP Pasir Penyu Indragiri Hulu Sukmayanto di Rengat, Rabu.

Ia menjelaskan, perusahaan perkebunan sawit ini salah satu perusahaan yang tergolong besar dan sudah GoPublik, dari segi aktivitasnya perusahaan ini sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1911 lalu hanya saja sering berubah nama dan berubah kegiatannya.

Artinya, perusahaan perkebunan ini pernah juga bergerak dibidang perkebunan karet, namun saat ini bergerak dibidang perkebunan sawit. Diperkirakan dengan umuran perusahaan segitu lama tersebut jika dihitung jumlah pajak yang sudah disetor kepada negara sangat tinggi. Maka beberapa tahun lalu mendapat prestasi salah satu perusahaan pembayar pajak yang baik.

" Karena itu sebaiknya semua masarakat merasa bersukur dengan adanya perusahaan ini di daerah," ucapnya.

Menurutnya, selain memberikan kontribusi itu, pihak perusahaan juga telah merealisasikan sejumlah program sosial seperti dibidang pendidikan, bidang lingkungan, bidang agama di daerah setempat. Kalau dirinci sebut sukma, ratusan kegiatan telah dilaksanakan sejak tahun 2006 lalu hingga 2014 ini.

Sukma menjelaskannya sambilan menunjukan beberapa poto kegiatan tersebut yang telah tersusun rapi dan terdata dengan baik. " Ini adalah prestasi perusahaan sebagai bukti benar- benar bermanfaat bagi masarakat," ucapnya.

Di Kabupaten Indragiri Hulu misalnya, bukan saja telah membantu sejumlah desa dengan peningkatan jalan poros untuk masarakat, membantu air bersih, membantu beasiswa, membantu penyehatan lingkungan. Dengan demikian PT TPP tergolong perusahaan perkebunan yang peduli sehingga perlu dipelihara dan di jaga oleh semua pihak.