Ayo Ikut Audisi Gita Bahana Nusantara

id ayo ikut, audisi gita, bahana nusantara

Ayo Ikut Audisi Gita Bahana Nusantara

Samarinda, (Antarariau.com) - Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kominfo Samarinda, Kalimantan Timur, menggelar audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang akan mewakili daerah itu untuk berlaga di tingkat provinsi.

Kepala Disbudparkominfo Samarinda HM Faisal, Selasa mengatakan, pendaftaran Gita Bahana Nusantara yang digelar setiap tahun itu sudah dibuka sejak 1 April 2014.

"Setiap tahun dari Samarinda selalu berhasil mengirim duta-duta hingga ke Istana Negara. Biasanya yang mendominasi dari Kaltim, bahkan dari empat wakil Kaltim, tiga diantaranya duta Samarinda. Untuk itu, tahun ini kembali memberikan kesempatan bagi putra putri terbaik Samarinda mengikuti seleksi," ungkap Faisal.

Audisi GBN 2014 lanjut Faisal, nantinya akan terpilih empat peserta, terdiri dua laki-laki dan dua perempuan dengan tipe suara alto, tenor, sopran dan bass.

"Kali ini, audisi kami laksanakan Sabtu 4 Mei 2014 di Plaza Mulia, mulai pukul 11. 00 Wita dengan diawali registrasi peserta dan pencabutan nomor tampil," kata Faisal.

Syarat audisi Gita Bahana Nusantara itu kata dia yakni, pelajar atau mahasiswa usia 15 sampai 25 tahun dan mampu bernyanyi berkelompok.

"Peserta harus bisa membaca not balok atau angka, memiliki musikalitas yang baik dan suara sopran, alto, tenor dan bass," ujar Faisal.

Pemenang audisi GBN 2014 kata Faisal, nantinya akan mewakili Kota Samarinda ke tingkat provinsi Kaltim dan berlaga dengan kabupaten/kota se-Kaltim.

Ia berharap, peserta bisa lebih banyak dan berkualitas.

Mereka yang dikirim pun adalah yang terbaik. Jika sampai menginjakkan kaki ke Istana, ini prestasi luar biasa. Untuk itu persiapkan diri semaksimal mungkin," ungkap Faisal.

Melalui audisi tersebut lanjut Faisal, diharapkan dapat meningkatkan nilai kebangsaan dan nasionalisme peserta sebagai generasi muda.

"Lagipula, lagunya adalah lagu-lagu perjuangan," kata Faisal.

GBN ini sendiri adalah penjaringan penyanyi yang bisa paduan suara untuk menyanyikan lagu-lagu perjuangan/kebangsaan yang pada Agustus 2014 akan tampil di gedung MPR/DPR RI saat presiden melakukan pidato kenegaraan pengantar RAPBN 2014 dan nota keuangan di kompleks parlemen Senayan serta pada peringatan detik-detik hari Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus.