Rp150 Miliar Diusulkan PU Dumai Bangun Jalan dan Jembatan

id rp150, miliar diusulkan, pu dumai, bangun jalan, dan jembatan

 Rp150 Miliar Diusulkan PU Dumai Bangun Jalan dan Jembatan

Dumai, (Antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai, Riau mengusulkan dana pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tahun ini sebesar Rp150 miliar dalam rancangan anggaran daerah yang bersumber dari APBD Dumai 2014.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai Nur Istiqlal di Dumai, Kamis menyatakan, usulan itu disampaikan berdasarkan kebutuhan riil serta analisa yang telah dilakukan pihaknya dalam rangka peningkatan, penataan ruas jalan dan jembatan.

"Tahun ini sejumlah ruas jalan dan jembatan akan ditingkatkan untuk dibenahi sesuai dengan usulan kebutuhan anggaran. Kami mengharapkan bisa diakomodir pemerintah daerah dan legislatif," katanya.

Ia menjelaskan, prioritas pembangunan ruas jalan tersebut meliputi sejumlah jalan utama dan lingkungan yang berada di pemukiman masyarakat yang masih mengalami kerusakan atau kurang pengerasan.

Sedangkan untuk jembatan, lanjutnya, telah dirancang pembangunan dan perbaikan sebanyak tujuh jembatan pada sejumlah kelurahan untuk mendukung akses serta mobilitas warga masyarakat setempat.

"Setiap tahun kita juga usulkan anggaran pemeliharaan jalan untuk keperluan penanganan cepat, jika kondisi di salah satu ruas jalan dan jembatan mengalami kerusakan," jelasnya.

"Pemerintah daerah menargetkan seluruh ruas jalan dan jembatan di Kota Dumai berada dalam kondisi baik dan mulus serta dilakukan pembenahan sebaik mungkin untuk keperluan akses masyarakat," tambahnya.

Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai hingga 2015 memasang target perbaikan dan peningkatan insfrastruktur ruas jalan pada kondisi baik sepanjang 1.074.665 meter, dari total panjang jalan keseluruhan mencapai 1.845.092 meter.

Selain itu, target peningkatan jalan dari kriteria sedang menjadi baik dan dari rusak menjadi baik sepanjang 298.599.785 meter.

"Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan umum dan mendorong kemajuan daerah serta pertumbuhan ekonomi," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai, Joni Amdani.