450 Anak Ikuti Lomba Balita Sehat Chevron

id 450 anak, ikuti lomba, balita sehat chevron

450 Anak Ikuti Lomba Balita Sehat Chevron

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 450 anak mengikuti lomba balita sehat di gelar PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dalam rangka memotivasi para orang tua memelihara dan merawat anaknya dengan baik sehingga melahirkan generasi yang sehat.

"Dengan lahirnya anak yang sehat maka upaya ini sekaligus diharapkan bisa menekan angka kematian balita hingga 2015," kata Sandy Zahaf, perwakilan manajemen Chevron Minas, dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Lomba balita sehat ini digelar di Minas dengan peserta mengalami peningkatan 50 persen dalam kegiatan yang sama tahun 2013.

Ia menyebutkan dengan digelarnya lomba ini, diharapkan masyarakat di sekitar Minas dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik guna menyongsong masa depan yang lebih cerah.

"Kegiatan rutin Posyandu dan Lomba Balita Sehat kami harapkan juga mampu mendukung upaya pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) yang sudah menjadi komitmen pemerintah hingga 2015," katanya.

Acara yang digelar SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia ini juga bekerjasama dengan ibu-ibu Chevron Minas (IICM), Puskesmas Minas, Tim Penggerak PKK Kecamatan Minas dan Kader Posyandu Minas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Dr. HR Toni Chandra, program Posyandu merupakan program unggulan Dinas Kesehatan karena dapat mengurangi gizi buruk pada balita dan angka kematian.

Oleh karena itu, semua orang tua balita agar selalu memantau kesehatan anak-anaknya dengan mengunjungi posyandu terdekat.

"Kami bersyukur dengan adanya Posyandu yang setiap bulan digelar ibu-ibu Chevron Minas," kata kata Wulan, ibunda dari Riffat Mahjub Ramadhan, pemenang harapan lomba balita sehat.

"Selain mendapatkan sosialisasi dari Puskesmas Minas mengenai tumbuh kembang anak, balita juga mendapat susu dan makanan tambahan untuk anak. Lomba ini mendorong kami makin bersemangat hadir di Posyandu," lanjut Wulan ibu balita.

Lomba yang rutin diadakan setiap tahun ini terdiri atas dua kategori yaitu kelompok umur 6-24 bulan (batita) dan kelompok umur 2-5 tahun (balita), pemenang pertama balita sehat kategori 6-24 bulan Fadlan Alfanzi dan pemenang ke dua hingga harapan III adalah Wafiqah Naila, Andra Elois, Bagus Dwi Prakoso, Alif R dan Riffat Mahjub Ramadhan.

Sedangkan untuk kategori umur 25-60 bulan, pemenang pertama adalah Benedikta Angela sedangkan tempat kedua hingga harapan III adalah Fathir Alkhatiry, M. Zaki, Dava Aditry Imanuel, Irgi Fahrezi dan M. Fahri.

Kriteria penilaian pemenang antara lain jarak kelahiran anak pertama ke anak kedua adalah minimal 2 tahun 9 bulan tidak mempunyai adik, berbadan sehat, berat badan sesuai dengan umur dan tinggi badan, mempunyai kartu menuju sehat (KMS), mempunyai kartu keluarga, aktif mengikuti posyandu setiap bulan, imunisasi lengkap, orang tua mengikuti program keluarga berencana (KB) dan mempunya kartu KB.

Sejak beberapa tahun lalu, IICM menyelenggarakan program posyandu untuk balita di Kecamatan Minas yang diadakan oleh SKKMigas-Chevron. Akhir tahun 2010, posyandu ini mendapat kunjungan kehormatan dari perwakilan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan PBB untuk urusan anak-anak UNICEF. Mulai 2011, kegiatan posyandu bulanan ini tidak saja menjangkau balita, tetapi juga ibu hamil. Setiap bulan, jumlah peserta juga terus meningkat.

Usaha Chevron untuk membantu peningkatan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Siak juga diwujudkan melalui dukungan pembiayaan program kemitraan tripartit Chevron-JHPIEGO-Dinas Kesehatan Siak berupa revitalisasi desa siaga yang dilaksanakan tahun 2011-2012.