Wisma Atlit Bengkalis Miliaran Rupiah Tidak Terawat

id wisma atlit, bengkalis miliaran, rupiah tidak terawat

Wisma Atlit Bengkalis Miliaran Rupiah Tidak Terawat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bangunan wisma atlet di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau senilai miliaran rupiah kini tidak terawat dengan baik bahkan banyak komponen bangunan tersebut seperti panel listrik dicuri serta bagian dari beberapa bangunan tersebut banyak yang rusak.

"Bangunan ini rusak karena tidak ada yang merawat disamping tidak ada yang menjaga sehingga komponen bangunan ini mudah dicuri orang. SKPD terkait harus mempertanggungjawabkan hal ini," kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, di Bengkalis, Kamis.

Wisma Atlit, berada pada lokasi yang bersebelahan dengan waterbom di Jalan Soebrantas Ujung, Desa Wonosari (bersebelahan dengan Kolam Renang BLJ) dan kondisi bangunan tersebut sangat memiriskan dan terkesan terbengkalai karena banyak yang di rusak oleh oknum warga.

Menurut Herliyan rusaknya wisma atlet ini antara lain akibat kelalaian dinas penanggungjawab terkait yang tidak memprogramkan upaya perawtaan, pemeliharaan dan pengawasan.

Jika bangunan ini tidak bisa lagi dimanfaatkan dengan baik, katanya memandang sebaiknya bangunan tersebut dialihkan menjadi wisma atau hotel.

"Jika dijadikan hotel, tentu akan jauh lebih bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pemasukan bagi daerah. Keberadaan hotel sebagai sarana penginapan itu tentunya juga akan bisa menambah lapangan kerja baru dan rekrutemn tenagakerja," katanya.

Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan dengan luas adalah 7.793,93 km persegi. Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara sungai Siak, sehingga disebut bahwa pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau.

Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas.

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Bengkalis juga termasuk dalam salah satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).