KPU Dumai Gelar Pleno 20 April

id kpu, dumai gelar, pleno 20 april

 KPU Dumai Gelar Pleno 20 April

Dumai, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menjadwalkan untuk menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pemilu legislatif 2014 pada Ahad (20/4).

Sekretaris Kantor KPU Kota Dumai Zahedi di Dumai, Jumat, menyatakan, rapat pleno akan dilaksanakan di salah satu hotel di daerah tersebut dengan undangan terbatas karena fasilitas yang dimiliki hanya sanggup menampung sekitar 150 orang.

"Kita tengah persiapkan teknis penghitungan perolehan suara dengan membuat undangan untuk segera disebar kepada sejumlah pihak terkait. Diharapkan mereka dapat mengikuti kegiatan pleno," katanya.

Dia menjelaskan, pihak terundang tersebut diantaranya terdiri dari unsur pemerintah daerah, para pimpinan daerah, pengurus partai politik, saksi, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama serta unsur pers.

Penyelenggaraan pleno penetapan perolehan suara tersebut, sebut dia, nantinya akan mendapat pengawalan penuh aparat kepolisian agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta kondusif.

"Pleno ini akan kita persiapkan sebaik mungkin. Kemungkinan akan berlangsung selama dua hari dengan dukungan pengamanan dari aparat kepolisian setempat," jelasnya.

Menurutnya, pleno tersebut hanya menghitung dan penetapan hasil perolehan suara secara keseluruhan calon anggota legislatif baik untuk DPR, DPD, DPRD provinsi dan Kota. Sedangkan untuk pengumuman peraih kursi parlemen, dilakukan pada awal Mei 2014.

Ditambahkan, seluruh panitia pemungutan kecamatan (PPK) hingga Kamis (17/4), telah menyelesaikan pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pada tujuh kecamatan di Dumai dalam kondisi aman, lancar dan tertib.

"Selanjutnya seluruh kotak suara dan rekapitulasi penghitungan telah dibawa ke kantor KPU setempat untuk persiapan pleno. Kita mengimbau semua pihak terkait dan masyarakat umum untuk menjaga situasi kondusif, agar tahapan ini berjalan lancar," pintanya.

Panitia Pengawas Pemilu Kota Dumai pekan ini menyatakan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) 2014 tidak ditemukan adanya upaya kecurangan.

Divisi Penindakan dan Penegakkan Hukum Panwas Dumai Yossi Rinaldi menegaskan, pihaknya sejauh ini belum menemukan bukti indikasi yang mengarah kecurangan atau dugaan penggelembungan suara dengan cara pencurian suara para caleg.