Prusahaan Tua Lebih Berpotensi Sejahterakan Warga

id prusahaan tua, lebih berpotensi, sejahterakan warga

Prusahaan Tua Lebih Berpotensi Sejahterakan Warga

Tembilahan, (Antarariau.com) - Sejumlah perusahaan yang tergolong tua di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau tentu lebih berpengalaman, kokoh serta berpotensi tinggi mensejahterakan warga didaerah, karena selain telah memberikan kontribusi yang besar juga dicintai warga setempat.

" Saya merasa bersukur dengan adanya perusahaan sawit yang beroperasi di wilayah Pasir Penyu salah satunya Perusahaan Perkebunan Sawit PT Tunggal Perkasa Plantation (PT TPP) anak perusahaan PT Astra Agro lestari Jakarta karena sangat peduli dengan daerah dan memberikan manfaat bagi penduduk setempat," kata salah seorang warga Pasir Penyu Indragiri Hulu Fahrul (45) di Rengat, Jumat.

Ia mengatakan, setiap perusahaan yang mampu bertahan berarti perusahaan itu memiliki modal, memiliki niat baik dan jelas taat aturan, karena jika tidak taat aturan maka perusahaan itu selalu dirundung masalah. Selain itu jika perusahaan tidak memberikan manfaat baik kepada warga juga pemerintah bisa dipastikan pemiliknya selalu berhadapan dengan warga setempat karena kesalahannya pasti terbongkar.

Sejauh ini perusahaan Pertamina, perusahaan BUMN PTPN V dan perusahaan perkebunan sawit PT TPP sangat menguntungkan daerah. Tanpa adanya keberadaan perusahaan besar ini maka Tenaga kerja (TK) potensial didaerah tidak dapat berkarir dan bekerja dengan baik diperusahaan tersebut. Hingga saat ini mencapai 2400 tenaga kerja yang terserap dapat bekerja di PT TPP merupakan prestasi daerah walaupun tidak semua TK lokal yang bisa menempati posisi strtegis.

" Tetapi keberadaan perusahaan jelas menolong, kalau ada kesalahan sedikit dipihak perusahaan itu mungkin hal yang biasa karena tidak semua orang dapat terpenuhi kepuasannya," sebutnya.

Tokoh pemerhati perkebunan sawit Indragiri Hulu Heri (50) mengatakan, keberadaan perusahaan didaerah perlu dilindungi karena daerah butuh investasi. Jika ada yang mendatangkan perusahaan untuk membangun usaha dan berinvestasi di daerah Indragiri Hulu merupakan prestasi, namun yang lebih penting bagaimana mempertahankan yang ada agar tidak lari.

" Jadilah yang bermanfaat untuk daerah sendiri, investasi yang besar akan mensejahterakan warga kedepannya," tegasnya.

Melihat perjalanan berkiprahnya sebuah perusahaan di Indragiri Hulu, tentunya yang sudah berumur tua akan lebih berpengalaman. Perusahaan PT TPP di akui sangat berpotensi untuk kesejahteraan masarakat daerah beberapa tahun kedepan.

" Mari kita melihat secara bijak, andai kata perusahaan tidak ada yang berminat berinvestasi di daerah ini, tentu warga tidak akan lepas dari keterpurukan, jika ada hal yang janggal lebih baik dikritik agar membangun daerah," tegasnya.