Pemkab Inhil Tata Kawasan Jalan

id pemkab inhil, tata kawasan jalan

Pemkab Inhil Tata Kawasan Jalan

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau segera menata kawasan Jalan Yos Sudarso dari para pedagang yang menjadikan badan jalan sebagai lokasi berjualan sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

"Penataan tersebut merupakan program 2014 dan hasil yang diharapkan jalan terlihat indah dan teratur," kata Bupati Indragiri Hilir HM Wardan di Tembilahan, Jumat.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Inhil untuk melakukan pendataan atas pedagang yang berjualan di kawasan tersebut.

Kemudian akan dibicarakan lokasi yang tepat dan strategis untuk relokasi pedagang tersebut, sehingga nantinya permasalahan ini dapat ditangani dengan baik dan tidak menimbulkan konflik antara pedagang dan masyarakat.

"Penataan kawasan ini merupakan upaya mengembalikan fungsi kawasan sebagai jalan utama yang menunjang mobilitas warga dan kelancaran transportasi," sebutnya.

Menurutnya, program prioritas ini bagian dari delapan program utama Bupati dan Wabup Indragiri Hilir terpilih sesuai dengan janji selama ini pembangunan ibu kota kabupaten yang rapi, modern, indah dan manusiawi.

Kondisi di jalan tersebut kini terlihat semrawut, sampah sampah banyak berceceran serta penyempitan pada badan jalan pada saat ramai pembeli.

"Jika semua tertata dengan baik tentunya akan menjadikan nilai tambah dan bahkan bisa mendorong tumbuhnya sektor pariwisata terutama untuk keperluan kuliner dan kerajinan tangan untuk suvenir.

Selain itu dengan dipindahkan pedagang ke lokasi baru yang peruntukannya untuk transaksi jual beli diharapkan makin banyak warga yang berbelanja serta memberikan kenyamanan bagi pedagang itu sendiri.