Bupati Inhu Resmikan Pabrik Kelapa Sawit PT SSR

id bupati inhu, resmikan pabrik, kelapa sawit, pt ssr

Bupati Inhu Resmikan Pabrik Kelapa Sawit PT SSR

Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau H Yopi Arianto meresmikan beroperasinya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Swakarsa Sawit Raya di Desa Talang Jerinjing, Indragiri Hulu yang memiliki kapasitas 60 ton perjam.

"Saya resmikan pengoperasian PKS dengan harapan bisa menyerap tenaga kerja lokal dan perusahaan bisa menyisihkan dana untuk program tanggungjawab sosial terhadap warga setempat," kata Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto di Rengat, Selasa (25/3).

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu sangat mendukung berdirinya sejumlah perusahaan di daerah, bahkan proses perizinannya akan dipermudah sebagai bentuk pelayanan optimal dan kesungguhan menarik investor.

Karena itu dengan berdirinya sejumlah industri di daerah akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain menciptakan peluang kerja, membantu peningkatan ekonomi warga juga pemasukan sebagai sumber pendapatan asli daerah.

Tetapi berdirinya industri diingatkan bupati hendaknya tetap memperhatikan lingkungan, membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan dan warga yang berada dilingkungan perusahaan.

"Saya memberikan apresiasi kepada pemilik dan seluruh investor yang telah berinvestasi di daerah Indragiri Hulu, khususnya PKS PT SSR ini," sebutnya. Karena melihat dari besarnya Pabrik yang dibangun tentunya menghabiskan anggaran yang besar dan ini menunjukan pihak pemilik dan investor benar- benar memiliki modal.

Dalam acara peresmian itu, sejumlah pejabat dan Muspida Kabupaten Indragiri Hulu ikut hadir dan bahkan diramaikan oleh sejumlah warga dan kolega perusahaan. Setelah peresmian tersebut Bupati Indragiri Hulu dan rombongan undangan langsung meninjau sejumlah tempat didampingi langsung manajemen perusahaan.

Direksi perusahaan PT SSR Akuang atau Marjono Endi menyebutkan bahwa PKS yang diresmikan Bupati Indragiri Hulu ini berkapasitas 60 ton perjam dan mampu menampung ratusan ton kelapa sawit setiap harinya.

Perusahaan ini menyerap ratusan tenaga kerja, sehingga dapat memberikan peluang kepada masyarakat untuk berkarir dan memperoleh kesejahteraan. Selain itu sebut Akuang, keberadaan perusahaan akan memberikan kontribusi yang besar kepada peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD) Indragiri Hulu.

Hal yang sama disampaikan oleh Humas PT Melati Group Jasmadi. Menurutnya, dengan telah diresmikannya PKS ini akan dapat memberikan kontribusi yang besar kepada warga setempat.

"Kami juga akan membeli buah sawit petani setempat dan masyarakat Indragiri Hulu khususnya warga Pematang Reba hingga hasil panen cepat terserap dengan harga baik dan tentunya kesejahteraan mereka jadi meningkat," ucapnya.

Peresmian pabrik kelapa sawit yang berlokasi di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat ini juga dihadiri unsur muspida, para kepala dinas/badan di lingkungan Pemkab Inhu serta tokoh masyarakat setempat.

"Peresmian diisi dengan beberapa acara simbolis seperti sambutan Bapak Bupati Inhu, sambutan pimpinan PKS PT Swakarsa Sawit, pemotongan pita, pelepasan balon dan rangkaian acara lainnya," ujar Divisi Logistik PT Swakarsa Sawit Raya, Frans Wahyudi kepada sejumlah awak media.

Frans menjelaskan, PT Swaskarsa Sawit Raya memiliki lahan inti dan plasma seluas 2.000 hektare. " Pabrik kami memiliki standar pengolah buah sawit dengan kapasitas 60 ton per jam. Harga pembelian tandan buah segar (TBS) disesuaikan dengan harga global yang ditetapkan," sebutnya.

Dengan berdirinya pabrik Kelapa Sawit milik pengusaha Indragiri Hulu ini akan dapat meningkatkan ekonomi warga, karena makin banyak perusahaan yang siap membeli hasil panen warga dengan harga bersaing.

Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto berharap semua PKS di daerah itu dapat memberikan kontribusi yang jelas bagi daerah. Perusahaan harus dapat bekerja sama dengan media dalam memberikan informasi yang berguna kepada masyarakat serta keberlanjutan usaha mereka. (Advertorial)